PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH, TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJARTERHADAP HASIL BELAJAR BIDANG STUDI EKONOMI SISWAJURUSAN IPS SMA NEGERI 1 MAKASSAR

Andi Utami Bausat(1*), Herman Herman(2), Chalid Imran Musa(3),

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author



Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh langsung lingkungan sekolah terhadap hasil belajar bidang studi Ekonomi siswa Jurusan IPS SMA Negeri 1 Makassar, (2) untuk mengetahui pengaruh tidak langsung lingkungan sekolah terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar bidang studi Ekonomi siswa Jurusan IPS SMA Negeri 1 Makassar, (3) untuk mengetahui pengaruh tidak langsung tingkat pendidikan orang tua terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar bidang studi Ekonomi siswa Jurusan IPS SMA Negeri 1 Makassar. Tehnik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan Path Analysis (Analisis Jalur).Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh secara langsung lingkungan sekolah dan tingkat pendidikan orang tua terhadap motivasi belajar siswa jurusan IPS SMA Negeri 1 Makassar, (2) terdapat pengaruh secara langsung lingkungan sekolah, tingkat pendidikan orang tua, dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa jurusan IPS SMA Negeri 1 Makassar, (3) terdapat pengaruh secara tidak langsung lingkungan sekolah dan tingkat pendidikan orang tua terhadap hasil belajar ekonomi melalui motivasi belajar siswa jurusan IPS SMA Negeri 1 Makassar.

Kata Kunci : Lingkungan Sekolah, Tingkat Pendidikan Orang Tua, MotivasiBelajar, dan Hasil Belajar Bidang Studi Ekonomi


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 87 times | PDF view : 20 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.