PENGARUH BUZZ MARKETING TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA CHOCOLICIOUS DI KOTA MAKASSAR

Muh. Ichwan Musa(1*), Andi Rezeki Puspitasari(2),

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author



Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Buzz Marketingterhadap Minat Beli Konsumen pada Chocolicious di Kota Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang pernah membeli produk Chocolicious. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan Statistical Product and Service Solution (SPSS) v.23.Persamaan regresi linier berganda menghasilkan persamaan Y=-3,050 + 0,380X1 + 0,023X2 + 0,306X3 + 0,726X4 - 0,118X5.Dengan demikian hasil penelitian ini menemukan bahwa secara simultan variabel Buzz Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli. Hasil analisis korelasi determinasi (R Square) sebesar 0,731, yang menunjukkan bahwa variabel Buzz Marketing mampu memberikan kontribusi sebesar 73,1 %. Selisihnya26,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.Hasil uji-t menunjukkan bahwa secara parsial variabel Talkers (X1), Tools (X3) dan Taking Part (X4) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap Minat Beli.Topic (X2) secara parsial juga memberikan pengaruh yang positif namun tidak signifikan.Sedangkan Tracking (X5) secara parsial memberikan pengaruh yang negatif terhadap minat beli konsumen.

Kata Kunci :Buzz Marketing dan Minat Beli.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 311 times | PDF view : 94 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.