PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA BANK TABUNGAN NEGARA (PERSERO)TBK CABANG MAKASSAR

Aulia Aulia(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author



Abstract


ABSTRAK

PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhkualitaspelayananterhadapkepuasannasabahpadaBank Tabungan Negara (Persero)Tbk Cabang Makassar.Metodeteknikpengambilansampel yang digunakanadalahteknikaksidentalyaituteknikpenarikansampelsecarakebetulan.PenelitianinimenggunakanmetodeAnalisisRegresi Linear Berganda danpengelola data primer menggunakan program SPSS (Statistical Package for Social Science). PengaruhvariabeldariKualitasPelayananyaituKehandalan (X1), BuktiFisik(X2), Jaminan(X3), Perhatian(X4) danTanggapan(X5)berpengaruhsignifikanterhadapKepuasanNasabahpadaBank Tabungan Negara (Persero)Tbk Cabang Makassar. Hal inidapat dibuktikandarihasilanalisisuji F bahwa F hitung>Ftabel(40,649>2,31) besarnyapengaruhdapatdilihatdari R square yaitu66,7% yang menunjukkanbahwapengaruhvariabelbebastersebutterhadap variabel terikatyakniKepuasanNasabahadalahsebesar82,7% danhasilmenggunakanuji t menunjukkanbahwa variabelKehandalan (X1), Perhatian (X4)danTanggapan (X5)berpengaruhnyataterhadapKepuasanNasabahsedangkanvariabelBuktiFisik (X2)danJaminan (X3)berpengaruhtidaksignifikanterhadapKepuasanNasabahpada Bank Tabungan Negara (Persero)Tbk Cabang Makassar, variabel yang mempunyaipengaruh paling dominanterhadapKepuasanNasabah padaBank Tabungan Negara (Persero)Tbk Cabang Makassaradalah variabelKehandalankarenamempunyaikoefisientertinggi.

Kata Kunci :KualitasPelayanandanKepuasanNasabah


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 105 times | PDF view : 34 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.