Pelaksanaan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP 1) Untuk Meningkatkan Mutu dan Kualitas Sekolah Pada Pesantren Al-Iman Uluale

Kamal Kamal(1*), Andi Nurul Magefira(2), Yayuk Astuti(3), Syamsu Tang(4), Ibrahim Manda(5),

(1) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
(2) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
(3) Vokasi Seni Kuliner, Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
(4) Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
(5) Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/dedikasi.v25i2.59264

Abstract


Abstrak. Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk mengetahui keadaan fisik dan nonfisik sekolah; untuk mengenali sikap dan pola tingkah laku siswa; untuk mendalami pembelajaran yang terjadi di sekolah; untuk memahami kebiasaan yang terjadi dalam kultur sekolah; dan untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler di sekolah. Pelaksanaan kegiatan dimulai pada tanggal 1 September sampai 29 September 2023  di Pesantern Al Iman Uluale. Masalah yang diangkat dalam kegiatan pengabdian ini adalah melakukan pendataan sekolah tentang keadaan fisik dan non fisik, sikap siswa, proses pembelajarn, kultur sekolah dan kegiatan ekstrakurikuler. Metode yang digunakan dalam pengabdian yaitu observasi, wawancara, diskusi, dan dokumentasi kegiatan. Kegiatan evaluasi dilakukan dengan mengkaji relevansi, efisiensi, efektivitas dan dampak suatu kegiatan dengan tujuan yang ingin dicapai. Monitoring dan evaluasi dimulai dari sosialisasi kegiatan pendampingan, perencanaan, pelaksanaan dan keberlanjutan terhadap perencanaan program. Kesimpulan dalam kegiatan ini memberikan informasi terbaru kepada pihak sekolah sehingga menjadi bahan evaluasi diri untuk peningkatan kavasitas dan sumber daya pada pesantren Al Iman Uluale. 

 

Kata Kunci: Program PLP, kualitas sekolah


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 22 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.