Penggunaan Systematic Literature Review Berbantuan PoP untuk Pengembangan Kompetensi Guru SMP Kab. Takalar

Ilham Minggi(1*), Nasrullah Nasrullah(2), Alimuddin Alimuddin(3),

(1) Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/dedikasi.v25i2.56082

Abstract


Abstrak -Pelatihan Systematic Literature Review (SLR) yang melibatkan 9 peserta guru dari berbagai sekolah di Takalar merupakan langkah penting untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan penelitian guru. Dalam pelatihan ini, guru-guru memperoleh pengetahuan mendalam tentang metode SLR dan memahami cara melakukan penelusuran literatur secara sistematis menggunakan aplikasi Publish or Perish. Pelatihan ini tidak hanya meningkatkan keterampilan guru dalam penelitian, tetapi juga membantu mereka mengembangkan kemampuan dalam menulis artikel ilmiah. Penggunaan aplikasi Publish or Perish menjadi kunci keberhasilan pelatihan ini, memungkinkan peserta untuk mengevaluasi kualitas penelitian dan publikasi ilmiah, serta memahami cara meningkatkan kinerja akademik mereka. Hasilnya, guru-guru dapat mengaplikasikan pengetahuan baru mereka dalam mengembangkan kurikulum yang lebih efektif dan efisien, serta meningkatkan metode pembelajaran di sekolah mereka. Pelatihan ini tidak hanya memberi tambahan pengetahuan praktis, tetapi juga mendukung pengembangan diri guru, membantu mereka memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran, dan meningkatkan kemampuan penelitian mereka. Dengan demikian, pelatihan SLR dengan dukungan aplikasi Publish or Perish memberikan kontribusi positif dalam pengembangan pendidikan dan kualitas pengetahuan guru di sekolah.


Kata kunci: Systematic Literature Review, PoP, Pengembangan Kompetensi.

 


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 71 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.