Pelatihan Penyusunan Pembuatan Soal-Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) Guru SD di Kota Samarinda
(1) Jurusan Pendidikan MIPA FKIP Universitas Mulawarman
(2) Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Mulawarman
(3) Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Mulawarman
(4) Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Mulawarman
(5) Jurusan Pendidikan MIPA FKIP Universitas Mulawarman
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/dedikasi.v25i2.56071
Abstract
Abstrak – Higher Order Thinking Skill (HOTS) merupakan salah satu instrument yang digunakan untuk memotret kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Kemampuan pemikiran tingkat tinggi tentunya memerlukan kemampuan mengelola informasi untuk mencapai jawaban dalam situasi baru. HOTS sebagai proses transfer dalam konteks pembelajaran adalah melahirkan belajar bermakna (meaningfull learning), yakni kemampuan peserta didik dalam menerapkan apa yang telah dipelajari ke dalam situasi baru tanpa arahan atau petunjuk pendidik atau orang lain. Berdasarkan pemaparan di atas, maka pelaksanan kegiatan pengabdian masyarakat yang akan dilakukan adalah pelatihan penyusunan soal-soal evaluasi berbasis higher order thinking skill (HOTS) pada guru SD di Kota Samarinda. Pelaksanaan kegiatan PKM ini berfokus kepada pelatihan yang terbagi dalam beberapa sesi yaitu persiapan, pelaksanaan pelatihan dengan 3 materi (konsep evaluasi pembelajaran, konsep evaluasi berbasis HOTS dan pembuatan soal HOTS), evaluasi. Pelaksanaan PKM di pusatkan di SDN 007 Kota Samarinda dengan jumlah peserta 35 orang. Peserta kegiatan sangat terbantu dengan adanya kegiatan ini karena 78% guru menyatakan pentinganya soal HOTS untuk diterapkan di sekolah dan 76% guru menyatakan perlu diadakan kegiatan pelatihan.
Kata kunci : Pelatihan, Soal HOTS, Sekolah Dasar, Samarinda, Guru
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 32 times | PDF view : 23 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.