Program Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Visual Digital pada Guru Sekolah Dasar Di Kecamatan Bacukiki Barat

Ibandong Ibandong(1*), Reski Febyanti Rauf(2), Mantasiah R.(3), Andi Alamsyah Rivai(4), Andi Muhammad Rivai(5),

(1) Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka Makassar
(2) Program Studi Pendidikan Teknologi dan Pertanian, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(3) Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar
(4) Program Studi Pendidikan Teknologi dan Pertanian, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(5) Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/dedikasi.v25i1.46742

Abstract


Keterbatasan guru dari segi kemampuan dan keterampilan dalam menyediakan media pembelajaran untuk meningkatkan kualitas belajar siswa menjadi permasalahan yang dihadapi di sekolah dasar Kecamatan Bacukiki Barat, sehingga diperlukan program pengembangan media pembelajaran. Adapun tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pelatihan dan pendampingan pengembangan media pembelajaran berbasis visual digital sehingga dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru. Pelaksanaan program ini menitikberatkan pada pendekatan partisipasi kelompok mitra dalam bentuk pelatihan, konsultasi, dan pendampingan. Program ini dirancang dan dipersiapkan sesuai dengan kebutuhan mitra yang meliputi beberapa tahapan pelaksanaan yaitu persiapan pelatihan, pemberian instrument pre-test dan post-test, presentasi materi, sosialisasi, konsultasi, diskusi, tanya jawab, tutorial, pendampingan, dan evaluasi. Hasilnya menunjukkan bahwa pelaksanaan program pengembangan media pembelajaran berbasis visual digital pada guru di sekolah dasar Kecamatan Bacukiki Barat dinilai efektif dan berdampak nyata terhadap peningkatan kemampuan dan keterampilan peserta.

Kata kunci: Efektivitas, Guru, Kualitas Belajar, Media, Visual Digital


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 130 times | PDF view : 207 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.