PKM Penyusunan RPP Merdeka Belajar bagi Guru-Guru SMP Negeri 40 Makassar
(1) Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
(2) Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
(3) Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
(4) Universitas Bosowa, Indonesia
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/dedikasi.v24i2.44324
Abstract
Abstrak. Proses pembelajaran yang terjadi di kelas sangat ditentukan oleh persiapan yang dilakukan oleh guru yakni dengan menyiapkan perangkat pembelajaran seperti Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Olehnya itu, guru sebagai tenaga professional dituntut untuk selalu meningkatkan kompetensi dan kapabilitas dirinya agar dapat membelajarkan peserta didiknya sebaik dan semaksimal mungkin. Salah satu upaya yang dapat dilakukan guru adalah dengan mempersiapkan bahan dan materi pembelajarannya dengan baik. Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memotivasi dan membekali pengetahuan bagi guru--guru di SMP Negeri 40 Makassar agar mempersiapkan pembelajarannya dengan baik dengan membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajarannya dengan baik. Pengabdian dalam bentuk workshop ini memberikan pelatihan kepada para guru di sekolah tersebut yang diikuti oleh 46 orang guru. Metode yang digunakan adalah ceramah, diskusi, tanya jawab, dan pelatihan. Kegiatan ini meliputi: 1) penyampaian materi tentang guru profesional dan kurikulum Merdeka Belajar dan (2) penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran berdasarkan Kurikulum Merdeka Belajar. Target luaran yang dihasilkan adalah para guru: 1) memiliki pengetahuan menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran berdasarkan kurikulum Merdeka Belajar dan 2) membuat rencana pelaksanaan pembelajaran berdasarkan kurikulum Merdeka Belajar.
Kata kunci: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, kurikulum Merdeka Belajar
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 69 times | PDF view : 10 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.