PKM Penyusunan RPP Merdeka Belajar bagi Guru-Guru SMP Negeri 40 Makassar

Syamsiarna Nappu(1*), Ratna Dewi(2), Hasnawati Hasnawati(3), Rosmawati Rosmawati(4),

(1) Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
(2) Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
(3) Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
(4) Universitas Bosowa, Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/dedikasi.v24i2.44324

Abstract


Abstrak. Proses pembelajaran yang terjadi di kelas sangat ditentukan oleh persiapan yang dilakukan oleh guru yakni dengan menyiapkan perangkat pembelajaran seperti  Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Olehnya itu, guru sebagai tenaga professional dituntut untuk selalu meningkatkan kompetensi dan kapabilitas dirinya agar dapat membelajarkan peserta didiknya sebaik dan semaksimal mungkin. Salah satu upaya yang dapat dilakukan guru adalah dengan mempersiapkan bahan dan materi pembelajarannya dengan baik. Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memotivasi dan membekali pengetahuan bagi guru--guru di SMP Negeri 40 Makassar agar mempersiapkan pembelajarannya dengan baik dengan membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajarannya dengan baik. Pengabdian dalam bentuk workshop ini memberikan pelatihan kepada para guru di sekolah tersebut yang diikuti oleh 46 orang guru. Metode yang digunakan adalah ceramah, diskusi, tanya jawab, dan pelatihan. Kegiatan ini meliputi: 1) penyampaian materi tentang guru profesional dan kurikulum Merdeka Belajar dan (2)  penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran berdasarkan Kurikulum Merdeka Belajar. Target luaran yang dihasilkan adalah para guru: 1) memiliki pengetahuan menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran berdasarkan kurikulum Merdeka Belajar dan 2) membuat rencana pelaksanaan pembelajaran berdasarkan kurikulum Merdeka Belajar.

Kata kunci: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, kurikulum Merdeka Belajar


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 69 times | PDF view : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.