Pelatihan Media Pembelajaran Online Bagi Guru SMP Kemala Bhayangkari Makassar

Reski Febyanti Rauf(1*), Ibandong Ibandong(2), Mantasiah R.(3), Andi Alamsyah Rivai(4), Hasmawati Hasmawati(5),

(1) Program Studi Pendidikan Teknologi dan Pertanian, Universitas Negeri Makassar
(2) Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka Makassar
(3) Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman, Universitas Negeri Makassar
(4) Program Studi Pendidikan Teknologi dan Pertanian, Universitas Negeri Makassar
(5) Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/dedikasi.v24i2.40874

Abstract


Abstrak. SMP Kemala Bhayangkari Makassar, Kec. Panakukang, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan merupakan satu dari ratusan ribu sekolah yang ada di Indonesia yang merasakan dampak dari disrupsi sistem pendidikan selama pandemi. Permasalahan yang dihadapi oleh sebagian besar guru adalah kurangnya informasi dan pengetahuan mereka mengenai penggunaan jenis media pembelajaran online lainnya, maka perlunya pelatihan media pembelajaran online dengan tujuan menambah pengetahuan tentang jenis-jenis media pembelajaran online dan penggunaannya dalam proses pembelajaran daring. Metode yang digunakan adalah metode pendekatan partisipasi dengan bentuk meliputi identifikasi dan analisis masalah, sosialisasi, simulasi, pendampingan, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data meliputi data hasil observasi, wawancara, kuisioner, pre-test post-test, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan metode deskriptif analisis pendekatan kuantitatif dan analisis statistik meliputi pengujian normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, dan uji N-Gain score. Hasilnya menunjukkan bahwa pelatihan dilaksanakan sesuai dengan tahapan-tahapan yang telah direncanakan. Para guru terlibat aktif dalam kegiatan pelatihan yang diindikasikan dengan adanya feedback yang diberikan. Kegiatan pelatihan yang dilakukan berdampak signifikan terhadap peningkatan pengetahuan, pemahaman, dan penguasaan para guru, sehingga disimpulkan bahwa pelatihan media pembelajaran online ini efektif dilakukan.

Kata kunci: Aplikasi, Daring, Efektivitas, Media Pembelajaran, Teknologi Digital


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 42 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.