PKM Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah di SMP Negeri 2 Tanete Rilau Kabupaten Barru

Sutarsi Suhaeb(1*), Anita Candra Dewi(2), Mantasia Mantasia(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/dedikasi.v24i2.40432

Abstract


Permasalahan mitra yang di SMP Negeri 2 Tanete Rilau adalah (1) Para guru memiliki pemahaman yang masih kurang tentang pentingnya karya tulis ilmiah dalam meningkatkan keprofesiannya sebagai guru. (2) Para guru belum mampu melakukan ragam kegiatan mengembangkan profesi, khususnya dalam penulisan karya tulis ilmiah (KTI) hasil penelitian tindakan kelas (PTK). (3) Para guru perlu mendapatkan pelatihan dan pendampingan dalam melakukan PTK di kelas. (4) Para guru perlu memperoleh pembinaan dari pihak yang kompeten dalam menyusun artikel jurnal ilmiah hasil kegiatan PTK. Metode pelaksanaan kegiatan ini berupa pelatihan kepada para guru di SMP Negeri 2 Tanete Rilau, Kabupaten Barru. Setelah diberi pelatihan, mereka dibimbing untuk menerapkan hasil pelatihan dalam rangka meningkatkan profesionalitas dan karier mereka. Hasil pelaksanaan kemitraan masyarakat dapat ditarik kesimpulan yaitu (1) Karya ilmiah merupakan tulisan non-fiksi yang disusun secara sistematik dan mempunyai unsur keilmiahan. Penggunaan Bahasa Indonesia yakni bahasa Indonesia sesuai kaidah Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). (2) Pelatihan penulisan karya ilmiah di SMPN 2 Tanete Rilau Kabupaten Barru berdampak positif bagi para guru. Kegiatan bertujuan untuk mengembangkan kompetensi guru dalam kegiatan menulis. Salama proses kegiatan, para guru antusias mengikuti seluruh kegiatan sampai selesai. Kendala yang selama ini dialami oleh guru dalam kegiatan menulis, telah mendapatkan solusi permasalahan yang tepat.


Kata kunci: karya tulis ilmiah, penelitian tindakan kelas, pengembangan profesi guru

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 67 times | PDF view : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.