PKM Peningkatan Pemahaman School Wellbeing pada Guru Sekolah Menengah

Basti Basti(1*), Eva Meizara Puspita Dewi(2), Perdana Kusuma(3), Amirah Aminanty Agussalim(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/dedikasi.v24i2.40430

Abstract


School wellbeing atau kesejahteraan di sekolah adalah keadaan di mana individu dapat memenuhi kebutuhan dasar di lingkungan sekolah, yakni having, loving, being, dan health. Dengan school wellbeing, peserta didik merasa aman dan nyaman di sekolah, merasa memiliki sekolah, dicintai dan mencintai sekolah, menganggap sekolah dapat memfasilitasi potensi sehingga dapat mengembangkan potensi diri, menjalin hubungan interpersonal yang sehat, dan memiliki kepribadian yang baik, juga menikmati proses belajar di sekolah. Sedangkan apabila school wellbeing rendah, maka peserta didik tidak mendapatkan kenyamanan dan kesejahteraan di sekolah yang berdampak pada perilaku negatif seperti membolos, berkelahi, merokok, dan sebagainya. Permasalahan school wellbeing merupakan masalah yang jarang diperhatikan oleh pendidik termasuk Mitra. Pengabdian ini akan bermitra dengan Pendidikan Dasar dan menengah (Dikdasmen) Muhammadiyah Kota Makassar untuk memberikan pemahaman tentang SWB. Setiap sekolah mengirimkan 3 perwakilannya dari unsur pimpinan sekolah dan guru. Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan melalui pretest dan posttest kepada para partisipan, diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman para partisipan mengenai beberapa hal terkait school wellbeing, diantaranya adalah 1) mengenali komponen-komponen school wellbeing 2) mampu membedakan dimensi-dimensi school wellbeing secara lebih spesifik 3) mengetahui aspek-aspek dari tiap dimensi yang terdapat dalam school wellbeing beserta bentuk implementasinya di sekolah. 


Kata kunci: School Well Being, Guru, SMP


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 131 times | PDF view : 25 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.