Teknologi Digital Marketing Dalam Upaya Pengembangan Usaha Berbasis Teknologi Di Desa Majannang

Muh. Kafrawi Yunus(1*), Muh. Saleh Pallu(2), Sri Mulyani(3), Mardiana Mardiana(4), Sitti Warda Ningsi(5), Hainun Putri Handayani(6), Fahara Azza Azizah(7), Dedi Hermawan(8),

(1) Universitas Bosowa
(2) Universitas Hasanuddin
(3) Universitas Bosowa
(4) Universitas Bosowa
(5) Universitas Bosowa
(6) Universitas Bosowa
(7) Universitas Bosowa
(8) Universitas Bosowa
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/dedikasi.v24i2.40417

Abstract


Di era digital seperti sekarang ini, pemilik usaha dituntut agar dapat memasarkan produknya secara online agar mendapatkan jangkauan pasar yang lebih luas. Tuntutan zaman mengharuskan pemilik usaha agar cakap dalam menggunakan teknologi. Salah satu hambatan yang dihadapi oleh PT. Bosowa Isuma di Desa Majannang adalah masalah pemasaran, dimana PT. Bosowa Isuma masih memasarkan produknya secara konvensional. PT. Bosowa Isuma memerlukan pengembangan usaha berbasis teknologi yang bersifat online dalam hal pemasaran, tentunya hal ini bertujuan untuk kemajuan usaha agar dapat bersaing dengan industri serupa dan meningkatkan laba perusahaan. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk menggambarakan upaya pengembangan usaha berbasis teknologi melalui pelatihan teknologi digital marketing yang dilaksanakan melalui program Matching Fund Kedaireka yang merupakan kerjasama antara Universitas Bosowa Makassar dengan Kemendikbud Ristek dengan Mitra PT. Bosowa Isuma. Adapun metode yang yang digunakan dalam upaya pengembangan usaha berbasis teknologi ini yaitu berupa pelatihan kepada tim pemasaran pada PT. Bosowa Isuma dan mahasiswa Universitas Bosowa. Hasil evaluasi dari kegiatan pelatihan teknologi digital marketing menunjukkan bahwa kegiatan ini mendapatkan respon yang positif dari PT. Bosowa Isuma dan peserta pelatihan pun sangat antusias, kegiatan pelatihan teknologi digital marketing dinilai dapat memberikan wawasan dan ilmu baru bagi peserta pelatihan. Selain itu, dengan dibuatkannya video marketing dan search engine optimization yang diharapkan dapat menunjang proses pemasaran digital pada PT. Bosowa Isuma.

Kata kunci : Digital Marketing; Teknologi; PT. Bosowa Isuma


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 67 times | PDF view : 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.