Kecakapan Digital Guru MTs Muhammadiyah Balassuka Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan

Arnidah Arnidah(1*), Citra Rosalyn Anwar(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/dedikasi.v23i2.27798

Abstract


Abstrak. Mitra Program Kemitraan Komunitas (PKM) ini adalah Guru-guru MTs Muhammadiyah Balassuka. Masalahnya adalah: (1) Tingkat pemahaman guru dalam mengidentifikasi hoaks, disinformasi dan misinformasi (2) Pentingnya Guru menanamkan berpikir kritis (3) Menerapkan Kurikulum Tular Nalar di masa pembelajaran daring yang membutuhkan kreativitas guru. (4) Kemampuan guru dalam memanfaatkan teknologi. Metode yang digunakan adalah: ceramah, demonstrasi, diskusi, tanya jawab, dan mitra pendamping yang dilakukan secara luring. Hasil yang dicapai adalah (1) Guru memiliki pemahaman dalam mengidentifikasi hoaks, disinformasi, misinformasi dan malinformasi, (2) Guru mampu menanamkan pentingnya berpikir kritis (3) Penerapan Kurikulum Tular Nalar di masa pembelajaran daring dan  (4) mitra memiliki kemampuan untuk memanfaatkan teknologi.

 

Kata kunci: Guru, Kecakapan, literasi, digital. Kurikulum, Gowa


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 159 times | PDF view : 36 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.