Pelatihan Pengembangan Variasi Model-model Pembelajaran Bagi Guru-Guru di Sulawesi Selatan
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) UIN Alauddin Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/dedikasi.v23i1.25641
Abstract
Abstrak. Berbagai model pembelajaran dapat digunakan untuk mencapai hasil belajar yang terbaik. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada guru-guru di Malino, Kecamatan Tinggi Moncong, Kabupaten Gowa, untuk meningkatkan kesadaran mereka tentang model pembelajaran interaktif dan bagaimana menggunakannya untuk memenuhi kebutuhan anak-anak di masyarakat. Pendekatan yang dipersonalisasi digunakan selama proses pelatihan, dan semua peserta diminta untuk memahami bagaimana mengidentifikasi kebutuhan siswa dan merancang model pembelajaran interaktif sebagai hasil dari partisipasi mereka. Selama pelatihan ini, pendekatan ceramah, diskusi, praktik, dan bimbingan digunakan untuk mencapai hasil yang diinginkan. Melalui pelaksanaan program ini, diketahui bahwa para peserta memperoleh banyak manfaat dari keikutsertaan mereka dalam pelatihan ini. Pemahaman guru tentang model pembelajaran interaktif meningkat sebesar 80 persen sebagai hasil dari inisiatif ini. Selain itu, peserta telah menunjukkan kemampuan mereka untuk mengadaptasi model pembelajaran interaktif untuk memenuhi kebutuhan individu siswa. Pelatihan ini dapat membantu guru menjadi lebih kompeten dan profesional dalam upaya mereka untuk menyediakan lingkungan belajar yang optimal.
Kata kunci: model pembelajaran, efektifitas, inovatif, pelatihan, guru
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 152 times | PDF view : 72 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.