Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Untuk Meningkatkan Motivasi dan Aktivitas Belajar Peserta Didik Kelas XMIA-3 SMAN 1 Tanete Rilau (Studi pada Materi Pokok Ikatan Kimia dan Bentuk Geometri)

Murdika Murdika(1*), Mohammad Wijaya(2), Sugiarti Sugiarti(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v19i1.6647

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk menemukan langkah-langkah yang tepat dalam penerapan model pembelajaran TGT sehingga dapat meningkatkan motivasi dan aktivitas belajar peserta didik Kelas X MIA-3 SMAN Tanete Rilau, barru. Subyek penelitian ini adalah peserta didik Kelas X MIA-3 semester I tahun pembelajaran 2014/2015 sebanyak 38 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, siklus I dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan dengan waktu 9 jam pelajaran. Pertemuan pertama dilaksanakan game, pertemuan kedua dilaksanakan turnamen dan pada pertemuan ketiga dilaksanakan tes hasil belajar dan begitupula pada siklus II. Adapun langkah-langkahnya yang tepat dalam menerapkan model pembelajaran TGT yaitu: (1) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan memotivasi peserta didik serta guru mengaitkan pelajaran sekarang dengan yang terdahulu. (2) Guru menjelaskan  langkah-langkah model TGT dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan menyampaikan materi kepada peserta didik dengan media power point. (3) Guru mengorganisasikan peserta didik ke dalam kelompok belajar (setiap kelompok beranggotakan 4-6 orang peserta didik) dan menunjuk ketua kelompok. (4) Guru meminta perwakilan masing-masing kelompok untuk berada di meja turnamen dan memberikan soal untuk di jawab. (5) Guru membagi peserta didik ke dalam meja turnamen dan membagikan soal-soal turnamen berdasarkan tingkat kesulitannya kepada masing-masing kelompok turnamen. (6) Guru memberikan penghargan kepada setiap kelompok yang memiliki poin tinggi.

Kata kunci: Penelitian tindakan kelas, Langkah-langkah model pembelajaran TGT

                                            

 

ABSTRACT

This study is about a research of a classroom action that aims to find the right steps in the TGT (Team games tournament) implementation learning model in order to increase the motivation and activity student learning outcomes in class X MIA-3, SMAN 1 Tanete Rilau, barru. The subject is the 10th students consist of 38 participants. This study was conducted in two cycles, the first cycle performed 3 time meeting in taking 9 hours. The first meeting implemented game, the second implemented tournament and at the third meeting conducted study outcome test and similarly,on the second cycle. The steps are: (1) The teacher (the researcher) informed the purpose of learning and motivated the students, and the teacher connected this lesson and its previous. (2) The teacher (the researcher) explained the model steps of TGT in using an easy way to be understood and using power point software as well. (3) The teacher (the researcher) organized the students in a group (each group has 4 to 6 participants) this search group has a leader. (4) The teacher (researcher) asked for each group to keep staying in the tournament table to give questions to be answered. (5) The teacher (the researcher) divided in several tournament tables and distributed the tournament questions based on the difficulties level to the each group. (6) The teacher (the researcher) then gave a reward to the each group who had high point.

Key words: The action class research, measures TGT learning model.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 798 times | PDF view : 460 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2722-8649

Diterbitkan oleh Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember.

Alamat Redaksi :Jurusan Kimia, Fakultas MIPA UNM, JL. Dg. Tata Parangtambung, Makassar 90224 Indonesia, Telp. 0411-840295; Fax: 0411840295;E-mail : chemica@unm.ac.id