Pengaruh Penggunaan Asesmen Portofolio pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X MIA SMA Negeri 1 Tellu Siattinge Kabupaten Bone (Studi pada Materi Pokok Struktur Atom dan Tabel Periodik)

Asriani Haruna(1*), Ramlawati Ramlawati(2), Army Auliah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v19i1.6634

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan asesmen portofolio pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 Tellu Siattinge. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan asesmen portofolio pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD tanpa asesmen portofolio, serta variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa pada materi pokok Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur.  Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 Tellu Siattinge yang terdiri dari 4 kelas berjumlah 128 orang. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 32 orang dan kelas X4 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 32 orang juga. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan pretest dan posttest dengan instrumen penelitian berupa soal pilihan ganda sebanyak 25 item. Data hasil belajar yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen pada pretest dan posttest berturut-turut yaitu 21,25 dan 69,81 dengan rata-rata N-Gain 0,61 dan kelas kontrol yaitu 22,81 dan 58,56 dengan rata-rata N-Gain 0,47. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung = 3,74 dan pada taraf signifikan α = 0,05 dengan dk = 62 diperoleh ttabel = 2,00. Oleh karena itu, thitung > ttabel, maka H1 diterima dan H0 ditolak.. Disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan asesmen portofolio pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa kelas  X MIA SMA Negeri 1 Tellu Siattinge pada materi pokok Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur.

Kata Kunci : asesmen portofolio, Student Team Achievement Division (STAD), Hasil Belajar, Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur


ABSTRACT

This research is a quasi-experimental that aimed to know the effect of using assessment portfolio through STAD type of cooperative learning toward study result of the student’s class X MIA SMA Negeri 1 Tellu Siattinge. The independent variables in this research is using assessment portfolio  through STAD type of  cooperative learning and STAD type of  cooperative learning without using asesmen portfolio. The dependent variable is study result on subject matter atomic structure and periodic table . The population in this research is X MIA SMA Negeri 1 Tellu Siattinge consist of four classes which students 128. As a sample of this research consisted of two classes, namely class X1 as a experimental class with 32 students and class X4 as a control class with 32 students. The data of research are  gather  by giving pretest and posttest which the research istrumen is multiple choice with a number of questions are 25 items. Learning outcomes data were analyzed by using descriptive and inferential statistics. The analysis showed the average of students’ learning outcome value from experimental class in the pretest and posttest, respectively are 21,25 and 69,81 with N-Gain average 0,61. From control class are 22,81 and 58,56 with N-Gain average 0,47. The result of hypothesis testing by using t-test values, obtained that tobser=3,74 and α = 0,05 with df=68, obtained that ttable=2,00 so H1 was accepted and H0 was rejected because tobser > ttabel.  The conclution, there was the influence of using assessment portfolio through STAD type of  cooperative  learning gives affected toward study result of the student’s class X MIA SMA Negeri 1 Tellu Siattinge on atomic structure and periodic table.

Keywords: Assessment portofolio, Student Team Achievement Division (STAD), Student’s Achievement, Atomic Structure and Periodic Table

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 542 times | PDF view : 177 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2722-8649

Diterbitkan oleh Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember.

Alamat Redaksi :Jurusan Kimia, Fakultas MIPA UNM, JL. Dg. Tata Parangtambung, Makassar 90224 Indonesia, Telp. 0411-840295; Fax: 0411840295;E-mail : chemica@unm.ac.id