Penerapan Metode Pembelajaran Kolaboratif untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Koloid Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 3 Watampone

Sitti Nurpaidah(1*),

(1) SMA Negeri 3 Watampone
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v18i2.5893

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan keaktifan siswa dan hasil belajar siswa sebelum dan setelah penerapan metode pembelajaran kolaboratif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 3 Watampone. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus dan setiap siklus dilakukan sebanyak empat kali pertemuan termasuk tes setiap akhir siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik Observasi terhadap aktifitas siswa dan aktifitas guru selama proses pembelajaran di kelas tersebut dan catatan lapangan selama tindakan pembelajaran berlangsung. Dalam penelitian ini terlihat jelas bagaimana siswa dalam melakukan kolaborasi pada pembelajaran berlangsung sehingga terlihat: (a) keaktifan siswa dalam mengerjakan LKS yang akan didiskusikan pada siklus I rata-rata mencapai 80,07% dan pada siklus II ada peningkatan menjadi 83,33%. (b) siswa yang aktif bekerja sama dengan kelompoknya rata-rata pada siklus I mencapai 78,97% dan pada siklus II mencapai 83,33%, (c) siswa yang mampu mengajukan pertanyaan dan menjawabnya yang berhubungan dengan materi diskusi pada siklus I mencapai 11,00% dan 8,89%, sedangkan pada siklus II mencapai 15,00% dan 11,66%, (d) siswa yang kreatif dalam memberikan jawaban kepada kelompok yang bertanya pada siklus I mencapai 6,67%, dan siklus II mencapai 8,33%, (e) siswa yang disiplin dalam proses pembelajaran pada siklus I mencapai 80,07%, dan pada siklus II mencapai 83,33%. Pada analisis hasil belajar dengan menggunakan metode ini diperoleh data: (a) hasil tes  belajar siswa pada siklus I dengan skor rata-rata 60,50, dan pada siklus II dengan skor rata-rata 72,33. (b) pengkategorian tingkat ketuntasan belajar siswa yang memperoleh skor 70 keatas pada siklus I sebanyak 17 Orang (46,67%), dan pada siklus II sebanyak 26 orang (73,33%). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan keaktifan belajar siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 3 Watampone setelah menerapkan pembelajaran dengan menggunakan metode kolaboratif.

Kata kunci: Pembelajaran kolaboratif, Hasil belajar

 

ABSTRACT

This study aims to determine the increase of student activeness and student learning outcomes before and after the implementation of collaborative learning methods to improve student results class XI IPA 1 SMA Negeri 3 Watampone. This research was conducted in 2 cycles and each cycle was done four times meeting including test every end of cycle. Data collection is done by observation techniques on student activities and teacher activities during the learning process in the classroom and field notes during the learning action takes place. In this research, it can be seen how the students in doing the collaboration on the learning take place so that it can be seen (a) the activity of the students in doing the LKS that will be discussed in the  cycle I average reached 80.07 % and in the cycle II there is an increase to 83.33 %. (b) The students who actively cooperate with the group on average in the cycle I reached 78.97 % and in the cycle II reached 83.33 %, (c) Students who are able to ask questions and answer it related to the discussion material in cycle I reached 11.00 % and 8.89 %, while in the cycle II reached 15.00 % and 11.66%. (d) Creative students in giving answer to the group that asks in the cycle I reached 6.67 % and cycle II reached 8.33 %, (e) Students who are disciplined in the learning process in the cycle I reached 80.07% and on cycle II reached 83.33%. In the analysis of learning outcomes using this method obtained data: (a) the results of student learning tests on the first cycle with an average score of 60.50 and in cycle II with an average score of 72.33, (b) Categorization of students level of completeness to get score 70 up on cycle I of 17 people (46.67%) and in cycle II counted 26 people (73.33%). The results of this study indicate that there is an increase in student teaching activity class XI IPA 1 SMA Negeri 3 Watampone after applying the learning by using collborative methods.

Keywords: Collborative methods, Learning results


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 290 times | PDF view : 89 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2722-8649

Diterbitkan oleh Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember.

Alamat Redaksi :Jurusan Kimia, Fakultas MIPA UNM, JL. Dg. Tata Parangtambung, Makassar 90224 Indonesia, Telp. 0411-840295; Fax: 0411840295;E-mail : chemica@unm.ac.id