Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas XI IPA. 1 SMA Negeri 1 Sa’dan Balusu terhadap Mata Pelajaran Kimia

Andarias Lampin Darandang(1*),

(1) SMA Negeri 1 Sa’dan Balusu
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v18i2.5885

Abstract


ABSTRAK

Pengajaran Kimia di SMA Negeri 1 Sa’dan Balusu sampai saat ini belum bisa dikatakan berhasil. Kenyataan ini didukung oleh ketuntasan belajar peserta didik masih jauh dari yang diharapkan. Adanya sebagian guru kimia yang di dalam mengajar hanya dengan metode ceramah tanpa melibatkan peserta didik untuk aktif di dalamnya, semakin menambah kecenderungan peserta didik bahwa kimia itu membosankan. Dengan memperhatikan kesenjangan yang ada dan untuk mendapatkan pemecahan dari permasalahan tersebut, maka dilakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran konsep Termokimia. PTK ini dilakukan dalam dua siklus pembelajaran, dimana masing-masing siklus terdiri dari 1. Perencanaan; 2. Pelaksanaan; 3. Pengamatan; 4. Refleksi. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA. 1 SMA Negeri 1 Sa’dan Balusu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan minat belajar peserta didik.

Kata kunci: Kooperatif, Minat Belajar, Chemistry

 

ABSTRACT

Chemistry Teaching at SMA Negeri 1 Sa'dan Balusu has not been successful yet. This fact is supported by the completeness of student learning is still far from expected. The existence of some chemistry teachers who teach only speaking method without the involvement of students to be active in it, increasing the student's tendency that chemistry is boring. By considering the existing gap and to get the solution of the problem, the Classroom Action Research with STAD type cooperative learning method in learning Thermochemical concept was done. This Classroom Action Research was conducted in two learning cycles, each cycle consisting of 1. Planning; 2. Implementation; 3. Observations; 4. Reflection. The subjects of this study were students of class XI IPA. 1 at SMA Negeri 1 Sa'dan Balusu. The results of this study indicate that there was enhancement of  student learning interest.

Keywords: Cooperative, Learning interest, Chemistry


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 266 times | PDF view : 77 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2722-8649

Diterbitkan oleh Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember.

Alamat Redaksi :Jurusan Kimia, Fakultas MIPA UNM, JL. Dg. Tata Parangtambung, Makassar 90224 Indonesia, Telp. 0411-840295; Fax: 0411840295;E-mail : chemica@unm.ac.id