Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) berbasis Macromedia terhadap Hasil Belajar Kimia Organik pada Mahasiswa Pendidikan Biologi STKIP YAPIM Maros

Hikmah Rusdi(1*), Warda Murti(2),

(1) YAPIM Kabupaten Maros
(2) YAPIM Kabupaten Maros
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v18i2.5882

Abstract


ABSTRAK

Jenis penelitian ádalah penelitian eksperimen dengan subyek penelitian yaitu mahasiswa program studi pendidikan biologi yang sedang menempuh mata kuliah kimia organik pada semester genap (II) tahun akademik 2016/2017. Prosedur penelitian dilaksanakan melalui pembagian kelas berdasarkan perlakuan model pembelajaran yang diberikan, kelas eksperimen menerapkan model pembelajaran kooperati tipe TGT berbasis Macromedia dan kelas konstrol menerapkan model pembelajaran kooperati tipe TGT. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik pemberian pretest-postest untuk hasil belajar. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes essai yang telah divalidasi item. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan bantuan SPSS Versi 21 for Windows serta analisis N-gain. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel (4,45 > 2,019). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbasis Macromedia terhadap hasil belajar kimia organik mahasiswa pendidikan biologi STKIP YAPIM Maros.

Kata kunci: TGT, Macromedia, Hasil belajar

ABSTRACT

The type of research is experimental research with the subject of research that is the biology education program students who are taking organic chemistry course in the even semester (II) of  2016/2017 academic year. The research procedure was carried out through class division based on the treatment of the given learning model, the experimental class applied the cooperative learning model TGT based on Macromedia and the constrol class applied the TGT type. Technique Data collecting in this research is done by giving pretest-postest technique for learning result. The research instrument used is essay test which has validated the item. The collected data were then analyzed using normality test, homogeneity test, and hypothesis test with SPSS Version 21 for Windows and N-gain analysis. Based on t test was obtained t count> ttable (4.45> 2.019). The results of this study indicate that there is influence of cooperative learning model type Macromedia-based TGT on organic chemistry learning result of biology students STKIP YAPIM Maros.

Keywords: TGT, Macromedia, Learning Result


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 493 times | PDF view : 134 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2722-8649

Diterbitkan oleh Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember.

Alamat Redaksi :Jurusan Kimia, Fakultas MIPA UNM, JL. Dg. Tata Parangtambung, Makassar 90224 Indonesia, Telp. 0411-840295; Fax: 0411840295;E-mail : chemica@unm.ac.id