Pengaruh Penerapan Pembelajaran Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN I Bajeng Kab. Gowa (Studi pada Materi Pokok Senyawa Hidrokarbon)

Muhaedah Rasyid(1*), Sumiati Side(2),

(1) Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar
(2) Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v12i2.503

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Snowball  Throwing terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok senyawa hidrokarbon. Populasi penelitian seluruh siswa  kelas X tahun pelajaran 2010/2011 SMAN 1 Bajeng Kabupaten Gowa, sampel Kelas X1 sebagai kelas kontrol dan kelas X2 sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data melalui tes hasil belajar, angket pendapat siswa dan guru serta lembar observasi aktivitas siswa dengan desain penelitian pretest-posttes control group design. Data dianalisis dengan analisis deskriptif dan inferensial menunjukkan ada pengaruh positif pembelajaran snowball throwing terhadap hasil belajar siswa dengan signifikansi 0,000. Pembelajaran ini dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, 81,88% siswa menjawab pertanyaan sesuai indikator, 79,34% siswa yang berdiskusi dalam kelompok dan membuat pertanyaan.  Guru dan siswa memberi tanggapan positif terhadap model pembelajaran yang digunakan.

Kata Kunci : Snowball Throwing, hasil  belajar

ABSTRACT

This study aims to determine the effect of learning Snowball Throwing against the learning result of students in the subject matter of hydrocarbons. The population is X class, academic year 2010/2011 SMAN 1 Bajeng Gowa, the sample as a control class Class X1 and X2 class as a class experiment. The data collect through the test, student opinion with questionnaire and observation and the student activity with the design of the study control group pretest-posttes design. Data were analyzed with descriptive and inferential analyzes showed no positive effect of learning snowball throwing on student learning outcomes with a significance of 0.000. This learning can improve student learning activities, 81.88% of students answered the question according to the indicators, 79.34% students discuss in groups and make inquiries. Teachers and students responded positively to the learning model.

Keywords: Snowball Throwing, learning result


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 3453 times | PDF view : 4198 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2722-8649

Diterbitkan oleh Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember.

Alamat Redaksi :Jurusan Kimia, Fakultas MIPA UNM, JL. Dg. Tata Parangtambung, Makassar 90224 Indonesia, Telp. 0411-840295; Fax: 0411840295;E-mail : chemica@unm.ac.id