Meningkatkan Kemampuan Guru Menganalisis Hasil Ulangan Siswa Menggunakan Komputer Melalui Teknik Supervisi Individual di SMAN 1 Mattiro Sompe Kabupaten Pinrang

Muhammad Tahir(1*),

(1) Pengawas SMA Dinas P dan K Kabupaten Pinrang
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v12i2.494

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru SMAN 1 Mattiro Sompe  menganalisis hasil ulangan siswa menggunakan komputer secara baik dan benar dengan teknik supervise individual yang dipakai dalam menganalisis hasil ulangan siswa. Penelitian ini memberikan gambaran bahwa persepsi guru yang menganggap menganalisis hasil ulangan siswa adalah penting, namun hasil supervise menunjukkan bahwa: 1. Pada pertemuan awal tidak ada seorang guru yang menganalisis hasil ulangan siswa menggunakan komputer. 2. Pengamatan pada siklus pertama baru sepuluh orang guru yang menganalisis hasil ulangan siswa dengan menggunakan komputer, berarti baru 25%. Selebihnya tidak ada dan hanya menganalisis hasil ulangan siswa secara manual. 3.Pada siklus kedua, semua guru sudah mampu menganalisis hasil ulangan siswa dengan menggunakan komputer secara benar. Ini berarti 100% guru SMAN 1 Mattiro Sompe sudah mampu menganalisis hasil ulangan siswa meskipun masih ada 1 orang guru hanya mampu pada kategori sangat rendah dan 1 orang guru pada  kategori rendah.

Kata Kunci: kemampuan guru, teknik supervisi individual

ABSTRACT

This study aims to determine the ability of teachers of SMAN 1 Mattiro Sompe to analyze  the learning results of students using the computer with individual supervision techniques. That the perceptions of teachers who consider analyzing learning results of students are important, but supervision show: 1. the first meeting no teacher analyzed the test results of students using computers. 2. Observations on the first cycle there are ten teachers analyze learning result of students using a computer (25%), the rest there is manually. 3. second cycle, all teachers are able to analyze the learning results of students use computers properly. Means that 100% of teachers SMAN 1 Mattiro Sompe able to analyze learning result of students using computer although there is still a teacher only at very low category and 1 teacher in a low category.

Key words: the ability of teachers, technical supervision of individual

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 201 times | PDF view : 175 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2722-8649

Diterbitkan oleh Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember.

Alamat Redaksi :Jurusan Kimia, Fakultas MIPA UNM, JL. Dg. Tata Parangtambung, Makassar 90224 Indonesia, Telp. 0411-840295; Fax: 0411840295;E-mail : chemica@unm.ac.id