Pengaruh Permainan Truth or Dare pada Model Pembelajaran Problem Based Learning secara Daring terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 7 Pinrang (Studi pada Materi Pokok Larutan Penyangga)

Nurul Izzah(1*), Muharram Muharram(2), Army Auliah(3),

(1) Jurusan Kimia Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Kimia Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Kimia Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v24i1.47506

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan truth or dare pada model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 7 Pinrang pada materi pokok larutan penyangga. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest only control design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 7 Pinrang yang terdiri dari lima kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara acak, kelas XI MIPA 4 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelompok kontrol yang masing-masing berjumlah 25 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes objektif pilihan ganda sebanyak 24 item. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian posttest pada kelompok eskperimen dan kelompok kontrol. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar peserta didik kelompok eksperimen 74,24 lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol yaitu 45,8. Hasil analisis statistik inferensial terhadap hasil belajar peserta didik menunjukkan bahwa data kelompok eskperimen dan kelompok kontrol berasal dari populasi yang homogen tetapi tidak terdistribusi normal. Hasil uji hipotesis  Mann-Whitney dengan α = 0,05 menunjukkan bahw Zhitung > Ztabel (6,06 > 1,64). Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh permainan truth or dare pada model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 7 Pinrang pada materi larutan penyangga.

Kata Kunci : truth or dare, problem based learning, hasil belajar, larutan penyangga


ABSTRACT

This research is a quasi-experimental study which aims to determine the effect of the game of truth or dare on the problem based learning model on the learning outcomes of students in class XI MIPA SMA Negeri 7 Pinrang on the subject matter of buffer solution. The research design used was a posttest only control design. The population of this study were students of class XI MIPA SMA Negeri 7 Pinrang which consisted of five classes. Sampling was carried out randomly, class XI MIPA 4 as the experimental group and class XI MIPA 2 as the control group, each of which consisted of 25 people. The instrument used was a multiple choice objective test of 24 items. Data was collected by giving posttest to the experimental group and the control group. Data analysis was performed using descriptive and inferential statistical analysis. The results of the analysis showed that the average value students' learning outcomes of experimental group was 74,24 higher than the control group namely 45,8. The results of inferential statistical analysis on student learning outcomes showed that the experimental group and control group data from a homogeneous population but not normally distributed. The results of the Mann-Whitney hypothesis test with = 0.05 showed that Zcount > Ztable (6,06 > 1,64). Based on these data, it can be concluded that there is an effect of the game of truth or dare on the problem based learning model on the learning outcomes of students in class XI MIPA SMA Negeri 7 Pinrang on the buffer solution material.

Keywords : truth or dare, problem based learning, learning outcomes, buffer solution

 

Full Text:

PDF

References


Ali. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Arends, R. L. 2012. Learning to Teach Ninth Edition. New York: Mcgraw-Hill.

Arifin. R. & Irawan. E. 2020. The Effectiveness Learning with Truth or Dare Technique in Improving Students Logical Thinking Ability. Integrative Science Education and Teaching Activity Journal. Vol. 1. No.2.

Asyari, M., Al Muhdhar, M. H., & Ibrohim, H. S. 2016. Improving Critical Thinking Skills Through The Integration of Problem Based Learning and Group Investigation. International Journal for Lesson and Learning Studies. Vol. 5, No. 1.

Darmadi. 2017. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Peserta Didik. Yogyakarta: Deepublish.

Herliani. 2016. Penggunaan Taksonomi Solo (Structure of Observed Learning Outcomes) pada Pembelajaran Kooperatif Truth and Dare dengan Quick On The Draw untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Peserta didik pada Biologi SMA. Biology Education Conference. 3(1).

Indayanti, E,N., Dyah, A., & Supriyono. 2016. Penerapan Permainan Truth or dare Materi Sistem Ekskresi terhadap Hasil Belajar Peserta didik di SMP. EJournal UNESA. 1(2).

Maggi, S. & Claire H.M. 2004. Foundations of Problem Based Learning. New York: Open University Press.

Mimmah, M. & Nasir, M. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Sains IPA Fisika Peserta didik dengan Menerapkan Media Permainan Truth and Dare. Jurnal Online Mahapeserta didik Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. 2(2).

Mentari. L., Suardana, N., & Subagia, I. W. 2017. Analisis Miskonsepsi Siswa SMA pada Pembelajaran Kimia untuk Materi Larutan Penyangga. E-journal Kimia Visvitalis Unibersitas Pendidikan Ganesha. 2(1).

Nugroho, I. A., Chotim, M., & Dwijanto. 2013. Keefektifan Pendekatan Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik. Unnes Journal Mathematics of Education, Vol. 2, No. 1.

Prafianti, A. 2015. Pengembangan Permainan Truth and Dare sebagai Media Pembelajaran Hidrokarbon Kelas XI SMA. Skripsi. Universitas Negeri Surabaya.

Priatmoko, S, Binadja, A., & Putri. S. T. 2008. Pengaruh Media Permainan Truth and Dare terhadap Hasil Belajar Siswa SMA dengan Visi SETS. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. Vol. 2. No. 1.

Sardiman, A. M. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Grafindo Persada.

Siswono, T.Y.E. 2005. Upaya meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik melalui Pengajuan Masalah. Jurnal. Vol. 10, No. 1.

Tarigan, D. & Saskia. 2019. Pengaruh Media Permainan Truth or Dare (TOD) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Bandar Khalipah. Jurnal Nasional Universitas Negeri Medan. 1(2).


Article Metrics

Abstract view : 82 times | PDF view : 42 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2722-8649

Diterbitkan oleh Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember.

Alamat Redaksi :Jurusan Kimia, Fakultas MIPA UNM, JL. Dg. Tata Parangtambung, Makassar 90224 Indonesia, Telp. 0411-840295; Fax: 0411840295;E-mail : chemica@unm.ac.id