Pengaruh Media Animasi dalam Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap Hasil Belajar Siswa kelas X Sains SMAN 1 Pinrang studi pada Materi Pokok Ikatan Kimia

Muthmainna Salam(1*), Muharram Muharram(2), Army Auliah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v17i2.4690

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh Media Animasi dalam Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Sains SMA Negeri 1 Pinrang. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan media animasi dan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa pada materi pokok Ikatan Kimia. Populasi penelitian ini adalah kelas X Sains SMA Negeri 1 Pinrang yang berjumlah 288 orang. Sampel penelitian diambil dengan metode random sampling yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X Sains 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 30 orang dan kelas X Sains 3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 30 orang. Teknik pengumpulan data melalui pemberian tes hasil belajar siswa yang terdiri atas 30 butir soal pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial dengan bantuan SPSS. Pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji t pada hasil belajar siswa menghasilkan pvalue< 0,05 yaitu 0,001,Disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media animasi dalam model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar siswa SMAN 1 Pinrang pada materi pokok Ikatan Kimia.
Kata Kunci : media animasi, TPS, hasil belajar, ikatan kimia

ABSTRACT
The research was a quasi-experimental that aimed to know the effect of Animation Media on Think pair Share (TPS) Learning Model Toward Student Achievement of Class X Sains SMA Negeri 1 Pinrang. The independent variable in this experiment was animation media on think pair share (TPS) learning model and the dependent variable was student’s achievement on chemical bonding subject matter. The population was class X Sains SMA Negeri 1 Pinrang consisted of 288 students. Taking technique of sample was random sampling. The sample of this research consisted of two classes, namely class X Sains 1 as a experiment class with 30 students and classX Sains 3 as a control class with 30 students. Data collection technique is obtained from objective test which consists of 30 items multiple choice. Data analysis using techniques and statistical analysis descriptive SPSS V22 inferential with the assistance .Who performed with the hypothesis testing in the results of student learning test-t produce pvalue< 0,05 = 0,001 , It was concluded that H0 were rejected and H1 accepted. It means that there is The Effect of Animation Media on Think Pair Share (TPS) Toward Student Achievement of Class X Sains SMAN 1 Pinrang on Chemical Bonding.
Keywords : animation media, TPS, students’ achievement, chemical bonding


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 410 times | PDF view : 395 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2722-8649

Diterbitkan oleh Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember.

Alamat Redaksi :Jurusan Kimia, Fakultas MIPA UNM, JL. Dg. Tata Parangtambung, Makassar 90224 Indonesia, Telp. 0411-840295; Fax: 0411840295;E-mail : chemica@unm.ac.id