Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pitumpanua Kab.Wajo (Studi Pada Materi Pokok Sistem Periodik Unsur)

A. Farihah Manggabarani(1*), Sugiarti Sugiarti(2), Melati Masri(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v17i2.4688

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui Pengaruh model pembelajaran “Blended Learning” terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Pitumpanua Kab.Wajo pada materi pokok sistem periodik unsur. Blended Learning adalah suatu pembelajaran yang memadukan antara pembelajaran langsung (face to face) dan pembelajaran online. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Blended Learning dikelas eksperimen dan pembelajaran langsung di kelas kontrol serta variabel terikatnya adalah motivasi dan hasil belajar siswa pada materi pokok Sistem periodik unsur. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Pitumpanua Kab.Wajo yang terdiri dari 9 kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan asumsi bahwa populasi bersifat homogen. Kelas yang terpilih sebagai sampel yaitu kelas X1 sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 24 siswa dan kelas X4 sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 22 siswa. Teknik pengumpulan data diperoleh dari tes hasil belajar siswa yang terdiri atas 20 butir soal pilihan ganda dan angket motivasi yang terdiri dari 31 butir pernyataan dengan 5 kriteria. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji t menghasilkan thitung > ttabel = 4.14 > 1,678 pada ═ 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Blended Learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Pitumpanua (studi pada materi pokok Sistem periodik unsur).
Kata Kunci : Blended Learning, Motivasi, Hasil Belajar Siswa

ABSTRACT
The research was a quasi-experimental that aimed to know the Effect of “Blended Learning” Model to The Student’s Motivation andd Achievement in Grade X of Senior High School 1 Pitumpanua Kab.Wajo in the subject matter of the periodic system of elements. Blended Learning is a learning that combine directly intruction (face to face) and online learning. The independent variable in this study is a Blended Learning model of teaching and learning in class experiments directly in the control class and the dependent variable is motivation and student’s achievement in the subject matter of the periodic system of elements. The population was class X SMA Negeri 1 Pitumpanua Kab.Wajo which consists of 9 classes. Technique of random sampling done with the assumption that the population is homogeneous. Classes are selected as the sample of class X1 as an experimental class consisting of 24 students and classes X4 as the control class consisting of 22 students. Data collection techniques derived from students' achievement test consisting of 20 multiple choice items and motivation questionnaire consisting of 31 items with five criteria statements. Data were analyzed using descriptive and inferential statistical analysis. The hypothesis test using t test shows that tcalculate > ttable = 4.14 > 1,678 on α ═ 0,05. Concluded that there was an effect on the Blended Learning model of motivation and achievement of students of grade X SMA Negeri 1 Pitumpanua (studies on periodic system of elements).
Keywords: Blended Learning, Motivation, student’s achievement


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 3905 times | PDF view : 5073 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2722-8649

Diterbitkan oleh Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember.

Alamat Redaksi :Jurusan Kimia, Fakultas MIPA UNM, JL. Dg. Tata Parangtambung, Makassar 90224 Indonesia, Telp. 0411-840295; Fax: 0411840295;E-mail : chemica@unm.ac.id