Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash 8 Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VII SMPN 18 Makassar Studi pada Materi Pokok Asam, Basa dan Garam

St. Hayatun Nur Abu(1*), Eka Fitriana Hamsyah(2),

(1) Universitas Khairun
(2) STKIP PI Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v17i2.4680

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis Macromedia Flash 8 terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif siswa pada materi pokok asam, basa dan garam. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan menggunakan desain penelitian Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 18 Makassar. Pengambilan sampel melalui teknik Random Class. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan nilai rata-rata motivasi dan hasil belajar kognitif untuk kelas eksperimen masing-masing adalah 80,00 dan 73,40. Sedangkan kelas kontrol nilai rata-rata masing-masing adalah 74,42 dan 66,66. Ketuntasan belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 74,29 % sedangkan pada kelas kontrol sebesar 51,43%. Berdasarkan hasil statistik inferensial dengan menggunakan uji hipotesis diperoleh hasil motivasi dan hasil belajar kognitif dengan thitung > ttabel, menunjukkan Ho ditolak, maka media pembelajaran berbasis Macromedia Flash 8 berpengaruh signifikan terhadap motivasi dan hasil belajar siswa Kelas VII SMP Negeri 18 Makassar studi pada materi pokok asam, basa dan garam.
Kata kunci: Macromedia flash 8, Motivasi, Hasil belajar kognitif

ABSTRACT
This study aims to determine the effect of media-based learning Macromedia Flash 8 to motivation and cognitive learning outcomes of students in the subject matter acids, bases and salts. This study is a quasi-experimental research with a research design Posttest-Only Control Design. The population in this study were all students of class VII SMP Negeri 18 Makassar. Random sampling via techniques Class. Data were analyzed with descriptive statistics and inferential statistics. Descriptive analysis showed the average value of motivation and cognitive learning outcomes for each experimental group was 80.00 and 73.40. While the control class average value of each is 74.42 and 66.66. Mastery learning students in the experimental class amounted to 74.29%, while the control class is 51.43%. Based on the results of inferential statistics by using a hypothesis test results obtained motivation and cognitive achievement with tarithmetic> t table suggests Ho is rejected, then the media-based learning Macromedia Flash 8 significant effect on motivation and learning outcomes of students of Class VII SMP Negeri 18 Makassar studies on materials principal acids, bases and salts.
Keyword: Macromedia Flash 8, Motivation, Cognitive learning outcomes


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 477 times | PDF view : 671 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2722-8649

Diterbitkan oleh Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember.

Alamat Redaksi :Jurusan Kimia, Fakultas MIPA UNM, JL. Dg. Tata Parangtambung, Makassar 90224 Indonesia, Telp. 0411-840295; Fax: 0411840295;E-mail : chemica@unm.ac.id