Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Pokok Zat Aditif dan Zat Adiktif di Kelas VIII SMP Negeri 26 Makassar

Sugiarti Sugiarti(1*), Verianingsih Verianingsih(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v16i1.4586

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar peserta didik di kelas VIII SMP Negeri 26 Makassar. Desain penelitian adalah “Pretest-Posttest Control Group Design”. Pengambilan sampel kelas kontrol dan kelas eksperimen dilakukan dengan teknik simple random sampling dan terpilih kelas VIII2 sebagai kelas eksperimen dan VIII3 sebagai kelas kontrol. Penelitian terdiri dari dua variabel, yaitu pembelajaran dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning dan pembelajaran dengan pendekatan konvensional sebagai variabel bebas dan hasil belajar sebagai variabel terikat. Pengambilan data hasil belajar dilakukan dengan pemberian pretest dan posttest yang selanjutnya dikonversi ke skor N-Gain. Hasil analisis menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen 71,05 dan kelas kontrol 59,57 dengan standar deviasi berturut-turut adalah 13,21 dan 12,45. Ketuntasan kelas eksperimen 54,55% dan untuk kelas kontrol 28,57%. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa hipotesis alternatif H1 diterima dan H0 ditolak, pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh thitung = 3,125 > ttabel = 1,68. Hal ini menunjukkan bahwa pendekatan Contextual Teaching and Learning berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik di kelas VIII SMP Negeri 26 Makassar.
Kata kunci: Contextual, Hasil belajar, Zat aditif dan Zat adiktif
ABSTRACT
This study is a quasi-experimental research that aims to determine the effect of Contextual Teaching and Learning approach to the study of students in class VIII SMPN 26 Makassar. The study design was "pretest-posttest control group design". Determination of control class and experimental class conducted by simple random sampling technique and was selected as an experimental class VIII2 and a control class VIII3. The study consisted of two variables, namely learning approaches Contextual Teaching and Learning and learning with conventional approaches as the independent variable and learning outcomes as the dependent variable. Data retrievals of learning outcomes were achieved by administering pretest and posttest furthermore converted to a score N-Gain. The analysis showed the average value of the experimental class was 71,05 and control class was 59,57 with a standard deviation of respectively 13,21 and 12,45. Completeness experimental class 54,55% and 28,67% for the control class. Hypothesis testing results show that the alternative hypothesis H1 is accepted and H0 is rejected, the significant level α = 0,05 was obtained tcount = 3,125 > ttable = 1,68. This shows that the Contextual Teaching and Learning approach affects the learning outcomes in class VIII SMPN 26 Makassar.
Keywords: Contextual, Learning outcomes, Additives and Addictive substances

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 214 times | PDF view : 84 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2722-8649

Diterbitkan oleh Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember.

Alamat Redaksi :Jurusan Kimia, Fakultas MIPA UNM, JL. Dg. Tata Parangtambung, Makassar 90224 Indonesia, Telp. 0411-840295; Fax: 0411840295;E-mail : chemica@unm.ac.id