Pengaruh Strategi Pembelajaran TANDUR terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA5 SMA Negeri 1 Bontonompo Gowa (Hidrolisis Garam)

Sitti Hayati H(1*),

(1) SMA Negeri 1 Bontonompo, Kabupaten Gowa
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v17i1.4573

Abstract


ABSTRAK
Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh positif strategi pembelajaran TANDUR terhadap
hasil belajar siswa kelas XI IPA5 SMA Negeri 1 Bontonompo pada
materi pokok hidrolisis garam. Penelitian ini merupakan penelitian
eksperimen semu yang melibatkan dua kelompok perlakuan yaitu
kelompok eksperimen yang diajar dengan strategi pembelajaran
TANDUR dan kelompok pembanding (kontrol) yang diajar dengan
metode konvensional. Siswa pada kelas eksperimen yang tergolong
tuntas belajar kimia pada materi pokok hidrolisis garam dengan
persentase 83,33% dan tidak tuntas dengan persentase 16,67%.
Sedangkan siswa pada kelompok kontrol yang tuntas sebanyak 66,67%
dan tidak tuntas sebanyak 33,33%. Hasil analisis statistika inferensial
untuk menguji hipotesis yang sebelumnya dilakukan pengujian
normalitas dan homogenitas, diperoleh data terdistribusi normal dan
homogen. Pengujian hipotesis membuktikan bahwa H0 ditolak dan H1
diterima dengan kriteria yaitu thitung > ttabel. Pengujian dengan cara manual melalui uji t (t-test) diperoleh nilai thitung sebesar 2,439 dan nilai ttabel = 2,002. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran dengan
menggunakan strategi pembelajaran TANDUR berpengaruh positif
terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA5 SMA Negeri 1 Bontonompo
Kab. Gowa pada materi pokok hidrolisis garam.
Kata kunci: TANDUR, Hasil belajar, Hidrolisis garam

ABSTRACT
The aim of this study was to determine the learning strategies TANDUR positive influence on learning results of students of class XI SMA Negeri 1 Bontonompo IPA5 in the subject matter of salt hydrolysis. This study is a quasiexperimental research involving the two treatment groups namely
experimental group taught by TANDUR learning strategies and the comparison group (controls) were taught by conventional methods. Students in the experimental class are classified as thoroughly studied chemistry in the subject matter of salt hydrolysis with a percentage of 83.33% and is not finished with a percentage of 16.67%. While students in the control group  completed as much as 66.67% and did not complete as much as 33.33%. The results of the inferential statistical analysis to test the hypothesis that previous testing normality and homogeneity, obtained normally distributed data and homogeneous. Tests proved that the hypothesis H0 and H1 accepted criteria, ie t-count>t-table. Testing the manual way through t-test obtained t-count at 2,439 and the value table = 2.002. These results suggest that learning by using learning strategies TANDUR positive effect on student learning outcomes IPA 5 class XI SMA Negeri 1 Bontonompo Kab. Gowa in the subject matter of salt hydrolysis.
Keywords: TANDUR, Learning results, Salt hydrolysis


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 120 times | PDF view : 134 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2722-8649

Diterbitkan oleh Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember.

Alamat Redaksi :Jurusan Kimia, Fakultas MIPA UNM, JL. Dg. Tata Parangtambung, Makassar 90224 Indonesia, Telp. 0411-840295; Fax: 0411840295;E-mail : chemica@unm.ac.id