Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Tipe Creatif Problem Solving (CPS) untuk Meningkatkan Minat dan Penguasaan Konsep Fisika Di SMA Negeri 9 Bulukumba

Sitti Hasmirah(1*),

(1) SMAN 9 Bulukumba
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v17i1.4571

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research
and development) yang menghasilkan perangkat pembelajaran
yaitu: (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), (2) Buku Ajar
Peserta Didik (BAPD), dan (3) Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD). Pengembangan model perangkat yang digunakan
mengacu pada model four D models (Model 4-D) dari Thiagarajan
yang terdiri dari tahapan yaitu: (1) pendefinisian (define), (2)
perancangan (design), (3) pengembangan (develop), dan (4)
penyebaran (desiminate). Proses pengembangan terlaksana tiga
tahapan saja karena keterbatasan waktu sehingga diharap untuk
peneliti selanjutnya melakukan tahap berikutnya.Penelitian ini
menggunakan desain pra eksprimen untuk mengetahui seberapa
besar penguasaan konsep fisika peserta didik dalam pokok bahasan
momentum dan impuls setelah diajar dengan model pembelajaran
berbasis masalah tipe cps. Penelitian ini dilaksanakan di SMA
Negeri 9 Bulukumba kelas XI IA1 tahun pelajaran 2013/2014
semester genap sebanyak 32 orang. Analisis data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif, untuk
menganalisis kevalidan perangkat pembelajaran, minat belajar dan
mendeskripsikan penguasaan konsep fisika.Hasil penelitian
menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan
meliputi : RPP, BAPD, dan LKPD setelah dilakukan validasi dan
uji coba maka perangkat tersebut dinyatakan valid, sehingga layak
untuk digunakan dalam pembelajaran fisika. Demikian juga dengan
minat belajar peserta didik setelah diajar melalui model
pembelajaran berbasis masalah tipe cps mengalami peningkatan
dan termasuk dalam kategori berminat. Sedangkan hasil
penguasaan konsep fisika peserta didik telah mencapai ketuntasan
belajar secara klasikal dimana sebelum diterapkan pembelajaran
berbasis masalah tipe CPS penguasaan konsepnya belum mencapai
ketuntasan klasikal. Dengan demikian, penggunaan perangkat
pembelajaran berbasis masalah tipe CPS dapat meningkatkan
penguasaan konsep fisika peserta didik.
Kata kunci: CPS, Minat, dan Penguasaan konsep

ABSTRACT
This research was a development research wich produced
learning devices namely: (1) lesson plan, (2) students’ texbook, and
(3) students’ worksheet. The development model device which
were used bsed on four D models (model 4-D) from thiagarajan
which consit of several steps, namely (1) define, (2) design, (3)
develop, and (4) deiminate. The development process which
implemented was merely three due to time limitation, this research
employed pre design experiment to examine the master of the
phsical concep of the studentd in momentum an impulse lesson
after being taught by problem-based learning model of Cps type.
This research was conducted at SMA Negeri 9 Bulukumba in class
XI IA 1 of academic ear 2013/2014 of the second semester with the
total number of students were 32. The ata of this research was
analyzed by descriptive statistic analysis. Descriptive statistic was
used to analyzed the validity of the learning device, lerning interest
and describe the mastery of physical consep. The result of the
research showed that the developed learning devices, namely
lesson plan, student, textbook, and students’ worksheet were
declared vali to be used in physics learningafter validation and test
were conducted. As well as the students’ interest after being taught
by prolem-based learning model of CP type improved to interest
category. Whyle the resul of physical concept mastery of the
students had reached the classical learning completeness; whereas,
before the implementation of problem-based learning model of CPS
type., the concept mastery hadn’t reached the classical learning
completeness. Therefore, the used of problem-based learning
device of CPS type could incrase the students’ concept mastery in
physics.
Keywords: CPS, Interest, and Concep mastery


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 131 times | PDF view : 189 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2722-8649

Diterbitkan oleh Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember.

Alamat Redaksi :Jurusan Kimia, Fakultas MIPA UNM, JL. Dg. Tata Parangtambung, Makassar 90224 Indonesia, Telp. 0411-840295; Fax: 0411840295;E-mail : chemica@unm.ac.id