Pengaruh Pemberian Tugas Terstruktur dan Umpan Balik pada Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Hasil Belajar Kimia SiswaKelas XI SMA Negeri 3 Watampone

Sitti Sabriani(1*),

(1) SMA Negeri 3 Watampone
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v17i1.4569

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini adalah eksprimen semu bertujuan untuk
mengetahui pengaruh pemberian tugas terstruktur dan umpan balik
pada pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar
kimia siswa kelas XI SMA Negeri 3 Watampone. Populasi
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA dan sebagai
sampel adalah kelas XI IPA1, kelas XI IPA2, dan kelas XI IPA3.
Data dikumpulkan melalui pemberian tes. Hasil analisis deskriptif
menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang diberikan
tugas terstruktur dan umpan balik lebih tinggi daripada yang hanya
diberikan tugas terstruktur tanpa umpan balik, begitupun juga yang
hanya diberikan pembelajaran kooperatif tipe STAD tanpa umpan
balik dan tugas terstruktur. Hasil analisis inferensial menunjukkan
bahwa tidak ada pengaruh pemberian tugas terstruktur, umpan
balik dengan tugas terstruktur, tugas terstruktur dan umpan balik
pada pembelajaran koopratif tipe STAD terhadap hasil belajar
kimia siswa kelas XI SMA Negeri 3 Watampone.
Kata Kunci: Tugas terstruktur, Umpan balik, Hasil belajar,
Kooperatif tipe STAD.


ABSTRACT
The study was quasi-experiment aimed the influence
of structured task provision and feedback on cooperative
learning of STAD type toward chemistry learning
achievement of grade XI Student’s at SMA Negeri 3
Watampone. The population was wass students of grade XI
IPA and the samples were grade XI IPA1, grade XI IPA2, and
grade XI IPA3. Data was collected through the provision of
test. The data then was analyzed by descriptive statistics and
inferential statistics. The result of deskriptive analysis
revealed that students’ learning achievement which was
given a structured task and feedback was higher than the
structured task without feedback, also provision of
cooperative learning of STAD Type without feedback and
structured task. The result of inferential analysis revealed
that there was no influence on the provision of structured
task, feedback with structured task, structured task and
feedback on cooperative learning of STAD type toward
chemistry learning achievement of grade XI Student’s at
SMA Negeri 3 Watampone.
Keywords: Structured task, Feedback provision, Learning
achievement, Cooperative learning of STAD


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 117 times | PDF view : 166 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2722-8649

Diterbitkan oleh Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember.

Alamat Redaksi :Jurusan Kimia, Fakultas MIPA UNM, JL. Dg. Tata Parangtambung, Makassar 90224 Indonesia, Telp. 0411-840295; Fax: 0411840295;E-mail : chemica@unm.ac.id