Pengaruh Pemberian Kuis pada Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Pangkajene (Studi Pada Materi Pokok Larutan Asam Basa)

Agustina Agustina(1*), Muharram Muharram(2), Muhaedah Rasyid(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v16i2.4562

Abstract


ABSTRAK

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh positif pemberian kuis  pada awal pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT)terhadap hasil belajar kimia siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Pangkajene pada materi pokok larutan asam basa. Desain penelitian adalah “Posttest Control Group Design”. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) yang diawali dengan kuis dan tanpa diawali dengan kuis, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar kimia siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Pangkajene. Populasi adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Pangkajene yang terdiri dari lima kelas. Dengan teknik random terpilih kelas XI IPA G. Mendel sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA Galileo sebagai kelas eksperimen. Pengambilan data hasil belajar dilakukan dengan pemberian posttest. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen 80,03 dengan ketuntasan sebesar 80,00% dan kelas kontrol 76,21 ketuntasan sebesar 50,00%. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung = 2,76 > ttabel = 1,67 yang berarti H1 diterima dan H0 ditolak. Ini memperlihatkan bahwa terdapat pengaruh positif pemberian kuis pada awal pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT)  terhadap hasil belajar kimia siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Pangkajene pada materi pokok larutan asam basa.

Kata Kunci: Kuis, Numbered Head Together, Hasil Belajar, Asam Basa

 ABSTRACT

This quasi eksperimental research aim to determine the positive effect on the provision of initial quiz on Numbered Head Together (NHT) tipe of cooperative learning toward student learning outcomes chemistry of class XI IPA Senior High School 2 Pangkajene study on acid alkali solution topic. The study’s design was “Posstest Control Group Design”. The independent variable in this study is learning prosess using Numbered Head Together (NHT) type beginning quiz and without quiz. Dependent variable is students learning coutcomes chemistry of class XI IPA Senior High School 2 Pangkajene. The population in this study was the XI IPA class of Senior High School 2 Pangkajene consisted of five classes. By random sampling XI IPA G. Mendel class as control stated class and XI IPA Galileo class as experimental class. Data retrievals of learning outcomes were achieved by administering posstest. Learning outcomes data were analyzed using descriptive statistic and inferential statistic. The analysis showed the average value of experimental class was 80,03 with the grade completencess were 80,00% and control class was 76,21 with the the grade completencess were 50,00%. The result of inferential analysis using t-test showed that tcount = 2,76 >ttable = 1,67 which means that H1 was accepted and H0 was rejected. It can be concluded that the administration of the initial quiz on Numbered Head Together (NHT) type of cooperative learning was a positive effect on students learning outcomes chemistry of class XI IPA Senior High School 2 Pangkajene in subject matter of acid alkali solution.

Key word: Quiz, Numbered Head Together, Learning Outcomes, Acid-Alkali


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 204 times | PDF view : 238 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2722-8649

Diterbitkan oleh Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember.

Alamat Redaksi :Jurusan Kimia, Fakultas MIPA UNM, JL. Dg. Tata Parangtambung, Makassar 90224 Indonesia, Telp. 0411-840295; Fax: 0411840295;E-mail : chemica@unm.ac.id