Pengaruh Metode Demonstrasi dalam Model Pembelajaran Guided Discovery terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X MIA SMAN 2 Galesong Selatan (Studi pada Materi Pokok Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit)

Hasra Jalil(1*), Muhammad Danial(2), Diana Eka Pratiwi(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v16i1.4551

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode demonstrasi dalam model pembelajaran guided discovery terhadap hasil belajar peserta didik kelas X SMAN 2 Galesong Selatan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran guided discovery dengan menggunakan metode demonstrasi dan tanpa metode demonstrasi serta variabel terikatnya adalah hasil belajar peserta didik pada materi pokok larutan elektrolit dan nonelektrolit. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 2 Galesong Selatan yang berjumlah 56 peserta didik yang tersebar dalam 2 kelas. Teknik pengambilan sampel yaitu random sampling. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X 2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah peserta didik 29 orang dan kelas X 1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 27 orang. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes hasil belajar pada materi pokok larutan elektrolit dan nonelektolit berupa post-test bentuk pilihan ganda yang dianalisis menggunakan uji-t. Hasil analisis statistika inferensial diperoleh thitung (4,02) > ttabel (1,6749) pada α ═ 0,05. Disimpulkan bahwa penggunaan metode demonstrasi dalam model pembelajaran guided discovery berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas X SMAN 2 Galesong Selatan pada materi pokok larutan elektrolit dan nonelektrolit.
Kata kunci: demonstrasi, guided discovery, elektolit dan nonelektrolit

ABSTRACT
The research was a quasi-experimental that aimed to know the effect of demonstration method in guided discovery learning toward students’ achievement of class X SMAN 2 South Galesong. The independent variable in this research were guided discovery with demonstration method and guided discovery learning without demonstration method, the dependent variable was students’ achievement on electrolyte and nonelectroliyte subject matter. The population was class X SMAN 2 South Galesong consisted of 56 students. Taking technique of sample was random sampling. The sample of this research consisted of two classes, namely class X 2 as a experiment class with 29 students and class X 1 as a control class with 27 students. The data of the research were gathered by testing the students’ achievement on electrolyte nonelectrolyte solution subject matter for post-test multiple choice form which was analyzed by using t-test. Results of inferential statistical analysis were tcalculate (4.02) higher than ttable (1,6749) on α ═ 0,05. Conclude that demonstration method on guided discovery learning gives effected to toward student’s achievement of class X SMAN 2 South Galesong on electrolyte and nonelectrolyte solution subject matter.
Keywords: demonstration, guided discovery, electrolyte and nonlectrolyte


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 351 times | PDF view : 229 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2722-8649

Diterbitkan oleh Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember.

Alamat Redaksi :Jurusan Kimia, Fakultas MIPA UNM, JL. Dg. Tata Parangtambung, Makassar 90224 Indonesia, Telp. 0411-840295; Fax: 0411840295;E-mail : chemica@unm.ac.id