Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD yang Diintervensi dengan Peta Konsep terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 11 Makassar (Studi pada Materi Pokok Hidrokarbon)

Iwan Dini(1*), Muharram Muharram(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v16i1.4550

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe STAD yang diintervensi dengan peta konsep terhadap hasil belajar siswa SMAN 11 Makassar. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 11 Makassar sebanyak tujuh kelas. Sampel secara random. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes hasil belajar. Teknik analisis data yaitu analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis deskriptif pada nilai perolehan menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 45,24 dan 38,59 dengan standar deviasi adalah 9,19 dan 12,21. Ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 68% untuk kelas eksperimen dan 50% untuk kelas kontrol. Hasil analisis statistik inferensial dengan menggunakan uji-t pihak kanan pada taraf signifikan, α = 0,05 H0 ditolak, sehingga disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD yang diintervensi dengan peta konsep berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 2 Watansoppeng.
Kata kunci: Kooperatif STAD, Peta konsep, Hasil belajar, Hidrokarbon

ABSTRACT
This research aimed to know the effect of cooperative learning tipe STAD intervenced with concept mapping to the learning results of the students in Class X SMAN 11 Makassar. The Population in this research was all students in class X SMAN 11 Makassar that consist of seven classes. The X-2 as control class and X-1 as a experiment class used random sampling. The data of this research was obtained by the learning results. The data was analyzed by analysis descriptif statistic and inferential statistic . The result of gain skor namely: the mean of a eksperiment and a control class is 45,24 and 38,59 with stardard deviasi is 9,19 and 12,21. The complete learning result of students is 68% for eksperiment class and 50% for control class. The result of analysis inferential statistic using ”uji-t” α = 0,05 H0 was refused indicated that the cooperative learning tipe STAD intervenced with concept mapping give positif effect to the learning results of the students in class X SMA Negeri 2 Watansoppeng, hydrocarbon as subject matter.
Keywords: Cooperative STAD, Concept mapping, Learning results, Hydrocarbon


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 138 times | PDF view : 75 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2722-8649

Diterbitkan oleh Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember.

Alamat Redaksi :Jurusan Kimia, Fakultas MIPA UNM, JL. Dg. Tata Parangtambung, Makassar 90224 Indonesia, Telp. 0411-840295; Fax: 0411840295;E-mail : [email protected]