Hubungan Self-Efficacy dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Pendidikan Kimia selama Pembelajaran Jarak Jauh

Rizqy Nur Sholihat(1*), Dedi Irwandi(2), Diana Tri Wulandari(3),

(1) Pendidikan Kimia UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
(2) Pendidikan Kimia UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
(3) Pendidikan Kimia UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v24i1.45120

Abstract


Mahasiswa Pendidikan Kimia selama pembelajaran jarak jauh sering melakukan tindakan menunda-nunda tugas akademik, sehingga dibutuhkan self-efficacy dalam mengatasainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self-efficacy dengan prokrastinasi akademik selama pembelajaran jarak jauh. Metode yang digunakan yaitu metode korelasional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah purposive sampling  dengan sampel mahasiswa Pendidikan Kimia angkatan 2019, 2020, dan 2021 yang berjumlah 205 mahasiswa. Instrumen yang digunakan peneliti yaitu angket self-efficacy dan angket prokrastinasi akademik. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik korelasi pearson product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dan negatif antara self-efficacy dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa Pendidikan Kimia selama pembelajaran jarak jauh. Nilai korelasi (r) yang diperoleh sebesar – 0,550 dengan nilai siginifikansi 0,000 sehingga dapat diinterpretasikan bahwa hubungan kedua variabel termasuk dalam kategori korelasi sedang.

Full Text:

PDF

References


Afifah, L., & Indriwardhani, S. P. (2021). Students’ Self-efficacy in Learning Foreign Language during the COVID-19 Pandemic. KnE Social Sciences, 235–241. https://doi.org/10.18502/kss.v5i3.8545

Bandura, A. (1997). Self-Efficacy: The Exercise of Control. Freeman and Company.

Ferrari, J. R., Johnson, J. L., & McCown, W. G. (1995). Procrastination and Task Avoidance (Theory, Research, and Treatment). Plenum Press.

Ghufron, N., & Risnawita, R. (2017). Teori - Teori Psikologi (R. Kusumaningratri, Ed.; Cetakan II). Ar-Ruzz Media.

Hidayah, N., & Atmoko, A. (2014). Landasan Sosial Budaya dan Psikologis Pendidikan. Gunung Samudera.

Ilyas, M., & Suryadi. (2017). Perilaku Prokrastinasi Akademik Sisiwa di SMA Islam Terpadu (IT) Boarding School Abu Bakar Yogyakarta. Sma Islam Terpadu (It) Boarding School Abu Bakar Yogyakarta Edisi Juni, 41(1), 71–82.

Kartika, D., Hairida, & Erlina. (2013). Hubungan antara Self-Efficacy dengan Kemandirian Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Kimia di SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 2(4), 1–12.

Lase, D. (2019). Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora Dan Kebudayaan, 12(2), 28–43. https://doi.org/10.36588/sundermann.v1i1.18

Moawad, R. A. (2020). Online Learning during the COVID- 19 Pandemic and Academic Stress in University Students. Revista Romaneasca Pentru Educatie Multidimensionala, 12(1Sup2), 100–107. https://doi.org/10.18662/rrem/12.1sup2/252

Rizkyani, A. M., Feronika, T., & Saridewi, N. (2020). Hubungan antara Self Regulated Learning dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Pendidikan Kimia di Masa Pandemi Covid-19. EDUSAINS, 12(2), 252–258. https://doi.org/10.15408/es.v12i2.18175

Rumiani. (2006). Prokrastinasi Akademik Ditinjau dari Motivasi Berprestasi dan Stres Mahasiswa. Psikologi Universitas Diponegoro, 3, 37–48.

Steel, P. (2007). The Nature of Procrastination: A Meta-Analytic and Theoretical Review of Quintessential Self-Regulatory Failure. Psychological Bulletin, 133(1), 65–94. https://doi.org/10.1037/0033-2909.133.1.65

Sugiyono. (2014). Cara Mudah Menyusun : Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Alfabeta.

Widyaningrum, R., & Susilarini, T. (2021). Hubungan antara Kontrol diri dan Efikasi Diri dengan Prokrastinasi Akademik pada Siswa Kelas XI SMAIT Raflesia Depok. IKRA-ITH Humaniora, 5, 34–39.

Yudhistira, S., & Murdiani, D. (2020). Pembelajaran Jarak Jauh: Kendala dalam Belajar dan Kelelahan Akademik. MAARIF , 15(2), 373–393. https://doi.org/10.47651/mrf.v15i2.122

Zimmerman, W. A., & Kulikowich, J. M. (2016). Online Learning Self-Efficacy in Students With and Without Online Learning Experience. American Journal of Distance Education, 30(3), 180–191. https://doi.org/10.1080/08923647.2016.1193801


Article Metrics

Abstract view : 84 times | PDF view : 39 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2722-8649

Diterbitkan oleh Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember.

Alamat Redaksi :Jurusan Kimia, Fakultas MIPA UNM, JL. Dg. Tata Parangtambung, Makassar 90224 Indonesia, Telp. 0411-840295; Fax: 0411840295;E-mail : chemica@unm.ac.id