E-Modul Senyawa Hidrokarbon Terintegrasi Metakognisi: Suatu Tinjauan Teoritik dan Empiris

Eda Lolo Allo(1*), Nita Magfirah Ilyas(2), Muhammad Yunus(3),

(1) Jurusan Kimia Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Kimia Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Kimia Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v23i2.39787

Abstract


ABSTRAK

Bahan ajar berperan penting dalam menyampaikan konten secara efektif dan efisien dalam upaya pencapaian tujuan yang diharapkan kurikulum. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji literatur tentang e-modul pembelajaran dan metakognisi serta mendeskripsikan kebutuhan pengembangan e-modul berbasis metakognisi. Penelitian deskriptif dilakukan untuk mengetahui kebutuhan e-modul dalam pembelajaran kimia dengan teknik pengumpulan data melalui studi literatur dan pemberian kuesioner. Pemberian kuesioner diberikan pada guru dan peserta didik yang berada di dalam dan di luar kota Makassar. Berdasarkan studi literatur didapatkan hasil bahwa bahan ajar dalam bentuk e-modul senyawa hidrokarbon terintegrasi metakognisi belum dikembangkan dalam pembelajaran. Respon guru dan peserta didik melalui kuesioner menunjukkan bahwa bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran didominasi oleh buku paket. Diperlukan bahan ajar dalam memahami materi senyawa hidrokarbon, yang memfasilitasi belajar mandiri dan mudah diakses serta mengembangkan kemampuan metakognisi siswa. Berdasarkan hasil studi literatur dan kuesioner dapat disimpulkan bahwa perlu dikembangkan bahan ajar dalam bentuk e-modul pembelajaran senyawa hidrokarbon terintegrasi metakognisi.

Kata kunci: E-modul, Hidrokarbon, Metakognisi

 

ABSTRACT

Teaching materials play an important role in delivering content effectively and efficiently in an effort to achieve the goals expected by the curriculum. The purpose of this study is to review the literature on e-learning and metacognition modules and to describe the need for metacognition-based e-module development. Descriptive research was conducted to determine the need for e-modules in chemistry learning with data collection techniques through literature studies and questionnaires. Questionnaires were given to teachers and students who were inside and outside the city of Makassar. Based on the literature study, it was found that teaching materials in the form of an e-module of metacognition integrated hydrocarbon compounds have not been developed in learning. The responses of teachers and students through questionnaires indicate that the teaching materials used in learning are dominated by textbooks. Teaching materials are needed in understanding the material of hydrocarbon compounds, which facilitate independent and accessible learning and develop students' metacognitive abilities. Based on the results of the literature study and questionnaires, it can be concluded that it is necessary to develop teaching materials in the form of e-modules for integrated metacognition of hydrocarbon compounds.

Keywords: E-module, Hydrocarbon, Metacognition


Full Text:

PDF

References


Accraf, L. B. R., Suryati, & Khery, Y. (2018). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android Dan Nature Of Science Pada Materi Ikatan Kimia Dan Sains Siswa. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 6(2), 133–141.

Aeni, W. N., & Widodo, W. (2022). Penggunaan E-Modul Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP pada Materi Kalor. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, 10(2), 193–202.

Afif, N. (2019). Pengajaran dan Pembelajaran di Era Digital. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 2(01), 117–129.

Afriani, N., Haris, M., Savalas, L. R. T., & Sofia, B. F. D. (2022). Pengaruh Modul Elektronik Kimia terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIPA SMAN 1 Jonggat pada Materi Termokimia. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 84–88. 3

Allo, E. L., Permanasari, A., Wiji, W., & Redjeki, S. (2021). Strengthening Pedagogical Content Knowledge of Prospective Chemistry Teacher: Metacognitive Based Preparation Program for Students’ Self-Efficacy. EduChemia (Jurnal Kimia Dan Pendidikan), 6(1), 93–108.

Amanda, M. H., Haryani, S., Mahatmanti, F. W., & Marsini. (2020). Analisis Kemampuan Metakognisi Siswa Melalui Penggunaan Lembar Kerja Siswa Berbasis Discovery Learning. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 14(1), 2468–2478.

Anwar, S. (2017). Pengolahan Bahan Ajar (4 Steps Teaching Material Development). Sekolah Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Indonesia.

Avargil, S., Lavi, R., & Dori, Y. J. (2018). Students’ metacognition and metacognitive strategies in science education. In Cognition , Metacognition , STEM Education (pp. 33–64). Springer.

Blummer, B., & Kenton, J. M. (2014). Improving Student Information Search: A metacognitive approach. Chandos Publishing.

Casselman, B. L., & Atwood, C. H. (2017). Improving General Chemistry Course Performance through Online Homework-Based Metacognitive Training. Journal of Chemical Education, 94(12), 1811–1821.

Choi, K., Lee, H., Shin, N., Kim, S., & Krajcik, J. (2011). Re-Conceptualization of Scientific Literacy in South Korea for the 21st Century. Journal of Research in Science Teaching, 48(6), 670–697.

Cook, A., Kennedy, E., & Mcguire, S. Y. (2013). Effect of Teaching Metacognitive Learning Strategies on Performance in General Chemistry Courses. Journal of Chemical Education, 90(8), 961–967.

Crucho, C. I. C., Avó, J., Diniz, A. M., & Gomes, M. J. S. (2020). Challenges in Teaching Organic Chemistry Remotely. Journal of Chemical Education, 97(9), 3211–3216.

Dharmadjaja, P. N., & Tiatri, S. (2021). The Effect of Online Interaction Types and Acceptance of Technology Factors on Student Satisfaction with Online Learning During the COVID-19 Pandemic. Proceedings of the International Conference on Economics, Business, Social, and Humanities (ICEBSH 2021), 570, 936–942.

Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2015). The Systematic Design of Instructional. In News.Ge (Eighth). Pearson Education.

Diella, D. (2014). Hubungan Kemampuan Metakognisi Dengan Keterampilan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas XI Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia. (Tesis). Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Efwinda, S. (2015). Pengaruh Pembelajaran IPA Terpadu Berbasis Masalah Tema Hujan Asam Berbantuan Mind Map Terhadap Penguasaan Konsep dan Metakognisi Siswa. (Tesis). Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Erkan, A. (2019). Impact of Using Technology on Teacher-Student Communication/Interaction: Improve Students Learning. World Journal of Education, 9(4), 30–40.

Faridah, A., & Afridiani, W. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui E-Modul Berbasis Android. Mimbar Ilmu, 26(3), 476–482.

Gozali, F., & Lo, B. (2012). Pemanfaatan Teknologi Open Source Dalam Pengembangan Proses Belajar Jarak Jauh di Perguruan Tinggi. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 1(1), 47–57.

Graham, K. J., Bohn-Gettler, C. M., & Raigoza, A. F. (2019). Metacognitive Training in Chemistry Tutor Sessions Increases First Year Students’ Self-Efficacy. Journal of Chemical Education, 96(8), 1539–1547.

Heidbrink, A., & Weinrich, M. (2021). Encouraging Biochemistry Students’ Metacognition: Reflecting on How Another Student Might Not Carefully Reflect. Journal of Chemical Education, 98(9), 2765–2774.

Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan Modul Elektronik (e-modul) Interaktif pada mata Pelajaran Kimia Kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191.

Hidayah, N., Melati, H. A., & Sartika, R. P. (2016). Deskripsi Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Hidrokarbon Kelas XI IPA SMA Negeri 9 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(9), 1–10.

Hsu, Y. S., & Lin, S. S. (2017). Prompting students to make socioscientific decisions: embedding metacognitive guidance in an e-learning environment. International Journal of Science Education, 39(7), 964–979.

Indira, S. M., Sundaryono, A., & Elvia, R. (2020). Pengembangan E-Modul Kimia Berbasis Metakognisi Menggunakan Aplikasi Edmodo. Alotrop, Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kimia, 4(1), 33–41.

Iswandari, S. N., Copriady, J., Noer, A. M., & Albeta, S. W. (2020). Pengembangan E-Modul Berbasis Moodle pada Materi Hidrokarbon. Edusains, 12(1), 81–88.

Kartikasari, Santi, Abudarin, & Fatah, A. H. (2021). Pengembangan e-Modul Pembelajaran Mandiri Materi Senyawa Hidrokarbon pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Palangka Raya. Journal of Environment and Management, 2(2), 170–180.

Kartikasari, Siti, Abudarin, & Fatah, A. H. (2021). Pengaruh Penggunaan e-Module Materi Senyawa Hidrokarbon dalam Pembelajaran Mandiri Kelas XI di SMA Negeri 3 Palangka Raya Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 11(2), 74–81.

Kemendikbud. (2017). Panduan Praktis Penyusunan E-Modul Tahun 2017. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kipnis, M., & Hofstein, A. V. I. (2008). The inquiry laboratory as a source for development of metacognitive skills. International Journal of Science and Mathematics Education, 6(May 2006), 601–627.

Kristalia, A., & Yerimadesi, Y. (2021). Efektivitas E-Modul Larutan Elektrolit Dan Nonelektrolit Berbasis Guided Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 5(2), 54–59.

Kusumaningtyas, A. E., Ibnu, S., & Fariati. (2017). Dampak Bahan Ajar Strategi POE Pada Kesalahan Konsep Ikatan Kimia Mahasiswa Semesteri I Jurusan Kimia. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(3), 322–324.

Lee, T. T., & Osman, K. (2012). Interactive Multimedia Module in the Learning of Electrochemistry: Effects on Students’ Understanding and Motivation. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 46, 1323–1327.

Maharani, N. F., Parlan, & Marfuah, S. (2021). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Metakognitif PDCA Berbantuan Jurnal Belajar untuk Meningkatkan Self-Efficacy dan Prestasi Belajar Siswa dalam Materi Hidrokarbon. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(8), 1306–1312.

Mandobar, L. P. (2013). Penerapan Model Quantum Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ranah Kognitif dan Kemampuan Metakognitif Materi Alat Optik Siswa SMA. Universitas Pendidikan Indonesia.

Marfu’ah, S., Haryani, S., Susilaningsih, E., & Kurniawan, C. (2022). Pengembangan Instrumen Tes untuk Analisis Keterampilan Metakognisi pada Materi Larutan Penyangga. Journal of Chemistry in Education, 11(1), 65–71.

Meath, T. (2005). Using a thingking curriculum to guide learning in the middle years. In S. Wilks (Ed.), Designing a Thinking Curriculum (Revised, pp. 42–54). ACER Press.

Mufida, L., Subandowo, M., & Gunawan, W. (2022). Pengembangan E-Modul Kimia Pada Materi Struktur Atom untuk Meningkatkan Hasil Belajar. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 7(1), 138–146.

Mutambuki, J. M., Mwavita, M., Muteti, C. Z., Jacob, B. I., & Mohanty, S. (2020). Metacognition and Active Learning Combination Reveals Better Performance on Cognitively Demanding General Chemistry Concepts than Active Learning Alone. Journal of Chemical Education, 97(7), 1832–1840.

Najah, R., Harjono, Sumarni, W., & Mursiti, S. (2020). Kemampuan Metakognitif Siswa pada Penerapan Model Project Based Learning dengan PAIKEM di MA Al-Asror Semarang. Chemistry in Education, 9(2), 1–7.

Nalarita, Y., & Listiawan, T. (2018). Pengembangan E-Modul Kontekstual Interaktif Berbasis Web pada Mata Pelajaran Kimia Senyawa Hidrokarbon. Multitek Indonesia, 12(2), 85–94.

Nugroho, K. M., Raharjo, S. B., & Masykuri, M. (2017). Pengembangan E-Modul Kimia Berbasis Problem Solving dengan Menggunakan Moodle pada Materi Hidrolisis Garam untuk Kelas XI SMA/MA Semester II. Jurnal Inkuiri, 6(1), 175–180.

Nurhayati, E., Andayani, Y., & Hakim, A. (2021). Pengembangan E-Modul Kimia Berbasis STEM Dengan Pendekatan Etnosains. Chemistry Education Practice, 4(2), 106–112.

Nursamsu, N., & Kusnafizal, T. (2017). Implementasi Pembelajaran Berbasis ICT (Information and Communication Technology) Sebagai Alat Bantu Komputer Multimedia untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Serta Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(3), 351–355.

Oksa, S., & Soenarto, S. (2020). Pengembangan e-Module Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kejuruan. Jurnal Kependidikan, 1(1), 99–111.

Oktari, B., Susilawati, & Copriady, J. (2020). Implementation of Oriented Literated Science e-Module to Improve Critical Skills Thinking About in Hydrocarbon Material. Journal of Educational Sciences, 4(2), 347–356.

Pane, E. P. (2019). Pengaruh Pengunaan Bahan Ajar Kimia Inovatif Berbasis Multimedia Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Laju Reaksi. Journal Chemistry, Education, and Sciene, 3(2), 21–28.

Parlan, Minata, Z. S., Suryadharma, I. B., Sulistina, O., & Marfu’ah, S. (2022). The Effect of Triangulation-Based Metacognitive Learning Strategy on Students ’ Chemistry Literacy and Learning Achievement. JTK: Jurnal Tadris Kimiya, 7(1), 14–24.

Plomp, T., & Nieveen, N. (2013). Educational Design Research: An Introduction. In T. Plomp & N. Nieveen (Eds.), Educational Design Research- Part A: An Introduction (pp. 10–51). http://www.eric.ed.gov/ERICWebPortal/recordDetail?accno=EJ815766

Pratiwi, D., Sugiharto, & Mulyani, B. (2013). Efektivitas Model Blended E-Learning Cooperative Approach Tipe TGT Dilengkapi Modul Terhadap Prestasi Belajar Kimia Materi Pokok Hidrokarbon Kelas X Semester II SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 2(1), 92–101.

Purwanto, K. K. (2021). Analysis on Students’ Understanding of Hydrocarbon Compounds in Organic Chemistry II Course. EduChemia (Jurnal Kimia Dan Pendidikan), 6(2), 219.

Putri, C. O., Agustini, K., & Sindu, I. G. P. (2016). Pengaruh E-Modul Berbasis Scientific Pada Mata Pelajaran Pengolahan Citra Digital Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Siswa Kelas XI Multimedia Di SMK Negeri 3 Singaraja. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Teknik Informatika (SENAPATI 2016), 66–73.

Ramdoniati, N., Muntari, M., & Hadisaputra, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Kimia Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Metakognisi. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA (JPPIPA), 5(1), 27–33.

Sadjati, I. M. (2012). Hakikat Bahan Ajar. Universitas Terbuka. http://www.pustaka.ut.ac.id/lib/2016/08/08/idik4009-pengembangan-bahan-ajar/%0Ahttps://www.euskalit.net/archivos/201803/modelogestionavanzada_2018.pdf?1%0Ahttps://dialnet.unirioja.es/servlet/articulo?codigo=4786739%0Ahttps://www2.deloitte.com/content/dam/


Article Metrics

Abstract view : 428 times | PDF view : 90 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2722-8649

Diterbitkan oleh Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember.

Alamat Redaksi :Jurusan Kimia, Fakultas MIPA UNM, JL. Dg. Tata Parangtambung, Makassar 90224 Indonesia, Telp. 0411-840295; Fax: 0411840295;E-mail : chemica@unm.ac.id