Aplikasi Pembelajaran Sel Volta dalam Pembuatan Taman Gantung Tempurung Bersinar Sebagai Inovasi Pembelajaran Kimia

Zulfah Magdalena(1*),

(1) MAN 4 Balangan
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v23i2.38578

Abstract


Aplikasi sel volta berbasis lingkungan dapat digunakan sebagai inovasi pembelajaran kimia untuk mengatasi keterbatasan guru, peserta didik dan sarana laboratorium kimia dengan membuat baterai tempurung bersinar dari tanah dasar kolam dan air. Baterai tempurung bersinar yang dihasilkan dapat digunakan sebagai lampu penerangan pada taman gantung di sekolah. Voltasi yang dihasilkan sebesar 2,46 volt. Inovasi pembelajaran pengaplikasian sel volta baterai tempurung bersinar ini telah mampu meningkatkan hasil belajar dan keterampilan peserta didik. Diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 87,0, sedangkan keterampilan praktik, proyek dan protofolio masing-masing sebesar 90,1, 90,7 dan 87,8.

Kata kunci: Sel volta, baterai tempurung, inovasi pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Dewata, I., & Melyanti, N. O. (2011). Analisis Proses Pembelajaran Pokok Bahaan Elektrokimia di Kelas XII SMAN 1 Panti. Ta’dib Jurnal, 14(1), 36–43.

Emda, A. (2014). Laboratorium Sebagai Sarana Pembelajaran Kimia dalam Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Kerja Ilmiah. Lantanida Journal, 2(2), 218–229.

Farid, A., Mudhofir, & Subaidi. (2022). Inovasi Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Memenuhi Standar Nasional Pendidikan Mewujudkan Generasi yang Kuat Keimanan dan Ekonomi. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(02). https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jie

Magdalena, Z., & Muslim, F. S. B. (2018). Pembuatan Baterai Tanah Sawah (Batas) dengan Hybrid Suci sebagai Alternatif Lampu Penerangan di Pondok Persawahan Batumandi. In Karya Tulis Ilmiah MAN 1 Balangan Kalimantan Selatan.

Ministry of Education and Culture, I. (2020). Senior High School In Statistics. Ministry of Education and Culture, 53(9), 1689–1699.

Puspitasari, W. D. (2016). Pengaruh Sarana Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolaj Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 2(2).

Supardi, N. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Melalui Metode Praktikum Sederhana Berbantuan Media Flash pada Materi Senyawa Elektrolit dan non Elektrolit Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Muara Teweh Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 8(1).


Article Metrics

Abstract view : 117 times | PDF view : 34 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2722-8649

Diterbitkan oleh Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember.

Alamat Redaksi :Jurusan Kimia, Fakultas MIPA UNM, JL. Dg. Tata Parangtambung, Makassar 90224 Indonesia, Telp. 0411-840295; Fax: 0411840295;E-mail : [email protected]