Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash 8 melalui Model Pembelajaran Langsung pada Materi Pokok Laju Reaksi terhadap Hasil Belajar Peserta Didik

Fajri Nurdin(1*),

(1) SMKN Tapango
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v22i1.22587

Abstract


ABSTRAK

            Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash 8 melalui model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar peserta didik SMKN Tapango. Variabel bebasnya penggunaan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash 8 melalui model pembelajaran langsung, sedangkan variable terikatnya hasil belajar peserta didik pada materi pokok laju reaksi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik Tapango yang terdiri dari 7 kelas dengan jumlah 185 peserta didik peserta didik, sedangkan sampelnya peserta didik kelas X ATPH sebagai kelas eksperimen dengan 29 peserta didik dan X MULTIMEDIA sebagai kelas kontrol dengan 30 peserta didik. Teknik analisis data yaitu dengan Anacova. Berdasarkan hasil analisis deskriptif menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen 80,13 dan kelas kontrol 70,25 dengan standar deviasi berturut-turut adalah 8,310 dan 9,125. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial diperoleh nilai signifikan 0.000 < α, maka H0 ditolak dan H1 diterima. sehingga disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash 8 melalui model pembelajaran langsung pada materi laju reaksi berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar peserta didik SMKN Tapango.

Kata kunci: Macromedia Flash 8,  hasil belajar, laju reaksi

 

ABSTRACT

This study is a quasi-experimental that aimed to determine whether there is influence of Using of Learning Media Based on Macromedia Flash 8 by Direct Instruction Model to Study Results the Students Class SMKN Tapango. The independent variable in this study is Using of Learning Media Based on Macromedia Flash 8 by Direct Instruction Model, while end results is a depend variable. The population in this study is the all class SMKN Tapango which consists of 7 classes with 185 students, while the sample was a X ATPH as a experiment with 29 students and X Multimedia as control with 30 students.. The data was analysis by Anacova. Based on the results of descriptive analysis showed the average value of 80,13 experimental class and control class 70,25 with a standard deviation, respectively 8,310 and 9,125. Based on the results of inferential statistical analysis obtained significant value 0.000 < α, then H0 refused and H1 accepted. Thus concluded using of learning media based on Macromedia Flash 8 by direct instruction model on until subject of rate reaction significantly influence students' class  SMKN Tapango.

Keywords: Macromedia Flash 8, learning achievement, the reaction rate


Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Haling, A. 2007. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara. Bandung

Nurita, Teni. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Jurnal Misykat ISSN 2527 -8371 Vol. 3 No, 1.

Sadiman, A. S., 2003, Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatanny. Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitati, dan R&D. Alfabeta. Bandung

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Prestasi pustaka. Surabaya.

Umam, Khoerul. 2016. Pengaruh Menggunakan Sofware Macromedia Flash 8 terhadap Hasil belajar Matematika Peserta didik Kelas VII. Vol. 1 No. 1 (2016): Kalamatika (Online).

Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta

Wijaya, D., etc. 2003. Macromedia Flash MX dengan ActionScript. PT. Elex Media Komputindo. Jakarta

Yudhi, M. 2008. Media Pembelajran. Gaung Persada (GP) Press. Jakarta


Article Metrics

Abstract view : 395 times | PDF view : 65 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2722-8649

Diterbitkan oleh Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember.

Alamat Redaksi :Jurusan Kimia, Fakultas MIPA UNM, JL. Dg. Tata Parangtambung, Makassar 90224 Indonesia, Telp. 0411-840295; Fax: 0411840295;E-mail : chemica@unm.ac.id