Perbandingan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Model Pembelajaran Langsung terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pancarijang Kab. Sidrap (Studi Pada Materi Pokok Hidrolisis Garam)

Annisa Hamzah(1), Muhammad Yunus(2), Sulfikar Sulfikar(3*),

(1) Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar
(2) Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar
(3) Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v22i1.21724

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pancarijang Kab. Sidrap pada materi pokok hidrolisis garam. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran berbasis masalah pada kelas eksperimen 1 dan model pembelajaran langsung pada kelas eksperimen 2, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pancarijang Kab. Sidrap pada materi pokok hidrolisis garam. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pancarijang tahun ajaran 2014/2015 yang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara acak. Kelas yang terpilih sebagai sampel yaitu kelas XI IPA3 sebagai kelas eksperimen 1 dengan jumlah peserta didik 38 orang dan kelas XI IPA4 sebagai kelas eksperimen 2 dengan jumlah peserta didik 39 orang. Pengambilan data dilakukan dengan pemberian tes hasil belajar pada akhir pembelajaran. Pengujian hipotesis dengan uji Mann Whitney yang dilakukan pada α = 0,05 diperoleh nilai Zhitung (4,05) lebih besar dari Ztabel  (1,64). Hal ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pancarijang Kab. Sidrap pada materi pokok hidrolisis garam menunjukkan hasil belajar yang lebih meningkat daripada penggunaan model pembelajaran langsung.

Kata Kunci: Berbasis masalah, hasil belajar, pembelajaran langsung

 

ABSTRACT

This research was a quasi-experimental that aimed to know whether or not the influence of problem based learning model towards student’s achievement at class XI IPA SMA Negeri 1 Pancarijang kab. Sidrap on hydrolysis of salt subject matter. The independent variables were problem based learning model in experimental 1 class and direct learning model in experimental 2 class, while the dependent variable was students’ achievement at XI IPA SMA Negeri 1 Pancarijang Kab. Sidrap in salt hydrolysis subject matter. The population was class XI IPA SMA Negeri 1 Pancarijang in academic year 2014/2015 consisted of 5 classes.  Sampling was done randomly. The classes were chosen as sample were XI IPA3 as experimental 1 class with 38 students and XI IPA4 as experimental 2 class with 39 students. Data were collected by giving posttest. Testing the hypothesis with Mann Whitney test performed at α = 0,05 were obtained Zcalculated(4,05) was 

bigger than Ztable (1,64). Conclude that there was the influence of problem based learning model towards students’ achievement at class XI IPA SMA Negeri 1 Pancarijang Kab. Sidrap on hydrolysis salt subject matter.

Keywords: Direct learning, problem based learning, students’ achievement


Full Text:

PDF

References


Adnyana, G.P. 2009. Meningkatkan Kualitas Aktivitas Belajar, Keterampilan Berpikir Kritis, dan Pemahaman Konsep Biologi Siswa Kelas X-5 SMA Negeri 1 Banjar melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Kerta Mandala Dinas Pendidikan Kabupaten Buleleng, Bali ISSN 2085-9716, 1 (1).

Akınoğlu, O and Ruhan, Ö.T. 2007. The Effects of Problem-Based Active Learning in Science Education on Students’ Academic Achievement, Attitude and Concept Learning. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 3(1), 71-81.

Ana, F.S. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa pada Pokok Bahasan Aritmetika Sosial Kelas VII SMP Negeri 9 Palembang. Skripsi. Palembang: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya.

Astika, U., Suma., dan Suastra. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Sikap Ilmiah dan Keterampilan Berpikir Kritis, Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3, 1-10.

Benli, E., and Mustafa, S. 2012. The Investigation of the Effect of Problem Based Learning to the Academic Achievement and the Permanence of Knowledge of Prospective Science Teacher: The Problem of the Boiler Stone. Journal of Procedia – Social and Behavioral Sciences, 46: 4317-4322.

Chang, R. 2005. Kimia Dasar Konsep-konsep Inti. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Joy, A. 2014. Effect of Problem-Based Learning Strategy on Students’ Achievement in Senior Secondary Schools Chemistry in Enugu State. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME), 4(3): 27-31.

Juliawan, D. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Kuta Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan IPA, 1-17.

Mayasari, N.M.D., Dantes, N., dan Candiasa, I.M. 2014. Pengaruh Model pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa Kelas V SD Di Gugus II Kecamatan Mengwi. Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4, 1-10.

Muspita, Z., Lasmawan, dan Sariyasa. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Berpikir Kritis, Motivasi Belajar, Dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII SMPN 1 Aikmel, Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3, 1-8.

Mutoharoh. 2011. Pengaruh Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem based Learning) terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Skripsi. Jakarta: Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Rosyidah, H. 2013. Pengaruh Pendekatan Berbasis Induktif Tipe Problem Based Learning (PBL) terhadap Optimalisasi Pemahaman Konsep Fisika Siswa Kelas X SMAN 8 Malang. Skripsi. Malang: FMIPA Universitas Negeri Malang.

Sani, A.R. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sugandi, A.I., dan Utari, S. 2010. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Setting Kooperatif Jigsaw terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis serta kemandirian belajar siswa SMA. Jurnal Pendidikan. Yogyakarta: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta.

Wasonowati, R.R.T., Tri, R., dan Sri, R.D.A. 2014. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Hukum-hukum Dasar Kimia ditinjau dari Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPA SMA negeri 2 Surakarta, Jurnal Pendidikan Kimia (JPK) ISSN 2337-9995, 3(3), 66-75.

Wulandari, B dan Herman, D.S. 2013. Pengaruh Problem-Based Learning terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Motivasi Belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2), 178-191.


Article Metrics

Abstract view : 233 times | PDF view : 54 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2722-8649

Diterbitkan oleh Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember.

Alamat Redaksi :Jurusan Kimia, Fakultas MIPA UNM, JL. Dg. Tata Parangtambung, Makassar 90224 Indonesia, Telp. 0411-840295; Fax: 0411840295;E-mail : chemica@unm.ac.id