Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Pembuatan Biogas Berbasis Lingkungan pada Mata Kuliah Kimia Lingkungan

Abdul Fitra(1*), Taty Sulastry(2), Muhammad Jasri Djangi(3),

(1) Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar
(2) Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar
(3) Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v22i1.21723

Abstract


Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja mahasiswa pada pembuatan biogas berbasis lingkungan yang valid, efektif, dan praktis untuk digunakan pada mata kuliah kimia lingkungan. Pengembangan LKM ini mengacu pada model pengembangan 4D (four-D model) yang terdiri dari tahap pendefenisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Instrumen yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari instrumen kevalidan LKM yaitu lembar validasi LKM, instrumen keefektifan LKM terdiri dari instrumen hasil belajar dan lembar pengamatan aktivitas mahasiswa, serta instrumen kepraktisan LKM yang terdiri dari angket persepsi mahasiswa dan dosen. LKM  dinyatakan valid berdasarkan hasil validasi oleh tiga orang ahli dengan rata-rata nilai validitas sebesar 3,13. Berdasarkan penilaian hasil belajar dan pengamatan aktivitas mahasiswa, LKM dinyatakan efektif dengan nilai rata-rata total hasil belajar berada pada kategori baik, yaitu 79,86 dan persentase aktivitas mahasiswa sebesar 93,94% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil angket persepsi mahasiswa yang terdiri dari 36 orang dan angket persepsi dosen yang terdiri dari 2 orang, LKM dinyatakan praktis dengan rata-rata respon positif mahasiswa dan dosen sebesar 95,05% dan 100% dengan kategori sangat praktis.

Kata Kunci: Penelitian Pengembangan, Model Pengembangan 4D, LKM, Biogas


ABSTRACT

This research was a research and development that aimed to develop the students’ worksheet at making biogas based on environment that valid, effective, and simple to be used at environmental chemistry lesson.  The development of students’ worksheet is focus on 4D development models (four-D model) which consist of defining step (define), designing step (design), development step (develop), and disseminate step (disseminate). The instruments of the research is the validation instrument of the students’ worksheet, affectivity instrument which consist of the study result and the observation of the students’ activity, and the simple instrument of the students’ worksheet which consist of students’ and lecturer’s perception questionnaire. Students’ worksheet assessed as valid based on the validation result by three experts which average grade is 3.13. Based on studying result and students’ activity observation, students worksheet was assumed effective with total average in good category, was 79,86 and students’ activity was 93,94% with very good category. Based on students’ perception questionnaire which consist of 36 participants and lecturers’ perception questionnaire which consist of 2 participants, students worksheet is simple with students’ average positive respond and lecturer was 95,05% and 100% with very simple category.

Keywords: Development Research, 4D Development Model, Students’ Worksheet, Biogas

 


Full Text:

PDF

References


Nurdin. 2007. Model Pembelajaran Matematika yang Menumbuhkan Kemampuan Metakognitif untuk Menguasai Bahan Ajar. Disertasi. Surabaya: UNESA.

Rustaman, Nuryani Y. 2002. Perencanaan dan Penilaian Praktikum di Perguruan Tinggi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Sulastry, T. 2014. Pembelajaran Kimia Lingkungan Berbasis Masalah. Bandung: Pustaka Ramadan.

Trianto. 2014. Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

UNM. 2012. Panduan Universitas Negeri Makassar 2012/2013. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Yuanita, D.I. 2015. Pengembangan Panduan Praktikum Spektroskopi pada Mata Kuliah Fisika Modern. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, Volume 2, Nomor 1.


Article Metrics

Abstract view : 188 times | PDF view : 39 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2722-8649

Diterbitkan oleh Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember.

Alamat Redaksi :Jurusan Kimia, Fakultas MIPA UNM, JL. Dg. Tata Parangtambung, Makassar 90224 Indonesia, Telp. 0411-840295; Fax: 0411840295;E-mail : chemica@unm.ac.id