Pengaruh Pemberian Kuis di Awal Pertemuan pada Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIA SMAN 10 Luwu (Studi pada Materi Pokok Larutan Penyangga)

Herawati Herawati(1*), Halimah Husain(2), Sugiarti Sugiarti(3),

(1) Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v21i2.17990

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian kuis di awal pertemuan pada model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 10 Luwu pada materi pokok larutan penyangga. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest only control design. Sampel diperoleh secara acak dan terpilih kelas XI MIA 3 sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah peserta didik 30 orang dan kelas XI MIA 2 sebagai kelompok kontrol dengan jumlah peserta didik 32 orang. Kelompok eksperimen dibelajarkan dengan pemberian kuis di awal pertemuan pada model discovery learning sedangkan kelompok kontrol dibelajarkan dengan model discovery learning tanpa pemberian kuis di awal pertemuan. Data hasil belajar dilakukan dengan pemberian tes hasil belajar. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan nilai rata-rata posttest peserta didik kelompok eksperimen yaitu 81,33 dan nilai rata-rata posttest peserta didik kelompok kontrol yaitu 74,87. Hasil analisis statistik inferensial menunjukkan bahwa data terdistribusi normal dan homogen. Pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji parametrik dengan menggunakan uji-t menghasilkan hasil belajar thitung > ttabel = 2,45 > 1,67 pada α= 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pemberian kuis di awal pertemuan pada model discovery learning berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 10 Luwu pada materi pokok larutan penyangga.

Kata kunci: Pemberian kuis, Model discovery learning, Hasil belajar

ABSTRACT
This research is a Quasi-experimental that aims to know the effect of giving quizzes at the beginning of the meeting on the discovery learning model to the study result of the students of class XI MIA in SMA 10 Luwu on the subject matter of the buffer solution. The research design used was the posttest only control design. The sample is taken randomly so the XI MIA 3 is chosen as the experiment group with 30 students and XI MIA 2 as the control group with 32 students. The experiment group is taught by using quizzes at the beginning of the meeting in the discovery learning model meanwhile the control group is using the Discovery Learning Model without giving quizzes at the beginning of the meeting. Data result is collected by giving posttest. The results of the descriptive statistical analysis showed that the average study result of the experimental group student was 81.33 and the control group students was 74.87. The results of inferential statistical analysis show that the data is normally distributed and homogeneously. The hypothesis trial by using the parametric test t-test results thitung > ttabel = 2.45 > 1.67 in α = 0.05. So, it can be concluded that giving quizzes at the beginning of the meeting in the discovery learning model influencing the study result of class XI MIA students in SMA Negeri 10 Luwu on the subject matter of the buffer solution.

Keywords: Giving quizzes, discovery learning models, study result

Full Text:

PDF

References


Asri, Zainal. 2010. Microteaching. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Mariyaningsih, Nining dan Mustina Hidayati. 2018. Teori dan Praktik Berbagai Model dan Metode Pembelajaran Menerapkan Inovasi Pembelajaran di Kelas-Kelas Inspiratif. Surakarta: CV Kakata Group.

Setyaningsih. 2009. Penggunaan Metode Pembelajaran Quiz Interaktif untuk meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Jawa Siswa Kelas IX C SMP Negeri 11 Surakarta Semester Gasal 2007/2008. Jurnal Pendidikan. ISSN: 1979-6153. 2.

Side, Sumiati., Taty Sulastry., dan Rafsanjani Supardi. 2017. Pengaruh Pemberian Kuis di Awal Pembelajaran pada Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Pare-Pare (Studi pada Materi Pokok Ikatan Kimia). Jurnal Chemica. 18 (1).

Subana. 2000. Statistik Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Trisna, I Komang., I wayan Subagia., dan Putu Oka Herawati. 2017. Pemberian Kuis di Awal Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kesiapan dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIPA. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia. Vol. 1,2.


Article Metrics

Abstract view : 184 times | PDF view : 38 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2722-8649

Diterbitkan oleh Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember.

Alamat Redaksi :Jurusan Kimia, Fakultas MIPA UNM, JL. Dg. Tata Parangtambung, Makassar 90224 Indonesia, Telp. 0411-840295; Fax: 0411840295;E-mail : chemica@unm.ac.id