Pengaruh penggunaan Scrapbook dalam Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IPA SMAN 14 Gowa (Studi pada Materi Pokok Sistem Koloid)

Rahmawati Rahmawati(1*), Muharram Muharram(2), Muhammad Danial(3),

(1) Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v21i2.17988

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan scrapbook pada model problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMAN 14 Gowa tahun pelajaran 2018/2019 pada materi pokok sistem koloid. Kelas yang terpilih sebagai sampel penelitian yaitu kelas XI IPA 3 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Dalam penelitian ini, sebagai variabel bebas adalah model problem based learning dengan penggunaan scrapbook dan model problem based learning tanpa penggunaan scrapbook . sedangkan sebagai variabel terikat adalah hasil belajar peserta didik. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis prasyarat statistik inferensial terhadap posttest hasil belajar menunjukkan bahwa data pada kelompok eksperimen dan kontrol tidak terdistribusi normal serta memiliki varians yang homogen. Uji non-parametrik uji Mann-whitney dengan α = 0,05 dan dk= 4 dan diperoleh zhitung > ztabel ( 1,85>1,64) sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima berarti ada pengaruh penggunaan scrapbook pada model problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMAN 14 Gowa pada materi pokok sistem koloid.

Kata kunci: PBL, scrapbook, hasil belajar

ABSTRACT
This research was quasi-experimental research that aimed to know The Effect of using Scrapbook on Problem Based Learning Model toward student achievement in class XI IPA SMAN 14 Gowa in academic year 2018/2019 on subject matter Colloidal System. Classes selected as research samples were class XI IPA 3 as experimental group and XI IPA 4 as control group. Problem based learning model with scrapbook and problem based learning model without scrapbook as the independent variables. Meanwhile, student achievement as the dependent variables. The data obtained were analyzed using descriptive statistic and inferential statistic. The result of inferential statistic prerequisite analysis on posttest of student achievement showed that the data in the experimental group and control group wasn’t normally distributed and data has homogeneous variance. The non-parametric test of Mann-Whitney test with α = 0,05 and dk= 4 and obtained Zcalculated>Ztable (1,85 > 1,64). It can be conclude than H0 rejected and H1 acccepted which means there was an effect of using scrapbook on Problem Based Learning model toward student achievement in class XI IPA SMAN 14 Gowa of subject matter colloidal system.

Keywords: PBL, scrapbook, student achievement

Full Text:

PDF

References


Ariyani, Nindya Okky., Siradjuddin. 2014. Penggunaan Buku Tempel dalam Model Pembelajaran Langsung untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IVB Sekolah Dasar. JPGSD. Vol.2 No.1.

Mais, Asrorul. 2016. Media Pembelajaran. Jawa Timur: CV Pustaka Abadi.

Safitri, Resia Hana dan Julianto. 2017. Pengaruh Media Scrapbook Cciencetale terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Proses Daur Air di Sekolah Dasar. JPGSD. Vol. 05 No. 03.

Saleh, Marhamah. 2013. Strategi Pembelajaran Fiqh dengan Problem Based Learning. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA. Vol. 14 No. 1.

Simamora, Raymond H. 2009. Buku Ajar Pendidikan dalam Keperawatan. Jakarta: EGC.


Article Metrics

Abstract view : 351 times | PDF view : 67 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2722-8649

Diterbitkan oleh Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember.

Alamat Redaksi :Jurusan Kimia, Fakultas MIPA UNM, JL. Dg. Tata Parangtambung, Makassar 90224 Indonesia, Telp. 0411-840295; Fax: 0411840295;E-mail : chemica@unm.ac.id