Pengaruh Mind Mapping di Akhir Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IPA SMAN 3 Makassar (Studi pada Materi Pokok Larutan Penyangga)

Mutmainna Umar(1*), Alimin Alimin(2), Army Auliah(3),

(1) Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar
(2) Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar
(3) Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v21i1.14840

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu bertujuan untuk mengetahui pengaruh mind mapping di akhir model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMAN 3 Makassar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah mind mapping di akhir pembelajaran menggunakan model discovery learning. Variabel terikatnya adalah hasil belajar peserta didik pada materi pokok larutan penyangga. Populasi penelitian ini adalah terdiri dari enam kelas XI IPA SMA Negeri 3 Makassar. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IPA3 sebagai kelompok eksperimen yang terdiri dari 36 peserta didik dan kelas XI IPA4 sebagai kelompok kontrol yang terdiri dari 36 peserta didik yang ditentukan dengan cara teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes hasil belajar pada materi pokok laju reaksi berupa post-test yang dianalisis menggunakan uji Mann-Whitney. Pengujian hipotesis dengan uji Mann-Whitney menghasilkan Zhitung = 5,36, dan diperoleh Ztabel= 1,64 pada taraf signifikan α = 0.05. Oleh karena itu, Zhitung>Ztabel, maka hipotesisi pada penelitian ini diterima yang berarti terdapat pengaruh mind mapping di akhir model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 3 Makassar pada materi pokok larutan penyangga.

Kata Kunci: Mind mapping, model discovery learning, hasil belajar

ABSTRACT

The research is a quasi-experimental that aimed to know the effect of mind mapping at the end of discovery learning toward student’s learning outcome in XI IPA class of SMA Negeri 3 Makassar on Buffer Solution Subject Matter. The independent variable in this experiment is mind mapping at the end of discovery learning. The dependent variable was the students’ learning outcome on the subject matter buffer solution. The population was XI IPA with six classes of SMA Negeri 3 Makassar and sample classes consisted of two group, namely XI IPA3 class as an experiment group with 36 students and XI IPA4 class as a control group with 36 students. Taking technique of sample was a simple random sampling. The research data was gathered by learning outcome test of reaction rate subject matter for post-test which was analyzed by using Mann-Whitney test. The result of hypothesis with Mann-Whitney test was Zcalculated = 5,36, Ztable = 1.64 at α = 0.05. Therefore, Zcalculated > Ztable, which the hypothesisi of this research was accepted so there is an effect positive of mind mapping at the end of discovery learning toward students’ learning outcome in XI IPA class of SMA Negeri 3 Makassar on buffer solution subject matter.

Keywords: Mind mapping, discovery learning model, student’s learning outcome

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Apriyanto, dody., Sri, M dan Elfi,S. 2014. Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping dan Kemampuan Memori Peserta didik Terhadap Prestasi Belajar Kimia Pada Pokok Bahasan Hukum-Hukum Dasar Kimia Pada Peserta didik Kelas X Semester Gasal Di Sma Negeri 1 Mojolaban Tahun Pelajaran 2012/ 2013. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK). Vol. 3 No. 3. ISSN 2337-9995

Naz, A., & Nasreen, A. 2013. An Exploration of Students’ Misconceptions about the Concept“ Classification of Animals” at Secondary Level and Effectiveness of Inquiry Method for Conceptual Change. Journal of Faculty Educational Sciences, Vol: 46, No. 2.

Putri, L. O. L., Rahman, T., dan Priyandoko, D. 2017. Analyzing Concepts Mastery and Misconceptions About Evolution of Biology Major Students. Journal of Physics: Conf. Series, http://doi.org/10.1088/1742-6596/755/1/011001

Restiyani, Erika dan evi,C,B. 2016. Analisis Kesulitan Belajar Kimia Peserta didik di SMAN X Kota Tangerang Selatan. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA. Vol. 2, No. 1, ISSN 2477-2038

Sari, Eka Novita., Saiful R dan Nur Rahayu U. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sel Di SMA. Unnes Science Education Journal. ISSN 2252-6617.

Tiarawati., I Made, A., dan Dewi, M. 2016. Pengembangan Aplikasi Mind Map Materi Fisika SMA Berbasis Android. Jakarta : Universitas Jakarta. ISBN : 978-602-61045-0-2

Tirtawati, Ni Luh Ratna., Adnyana, P. B.,Widiyanti, Ni Luh P. M. 2014. Pengaruh Pembelajaran Kuantum (Quantum Learning) dan Peta Pikiran (Mind Mapping)Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA. e-Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Program Studi IPA. Volume 4 Tahun 2014.

Wakil Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan R.I Bidang Pendidikan. 2014. Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Yates, T. B., & Marek, E. A. 2014. Teachers Teaching Misconceptions : A Study Of Factors Contributing To High School Biology Students ’ Acquisition Of Biological Evolution-Related Misconceptions. Evolution: Education and Outreach, Vol. 7, 1–18.


Article Metrics

Abstract view : 244 times | PDF view : 29 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2722-8649

Diterbitkan oleh Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember.

Alamat Redaksi :Jurusan Kimia, Fakultas MIPA UNM, JL. Dg. Tata Parangtambung, Makassar 90224 Indonesia, Telp. 0411-840295; Fax: 0411840295;E-mail : [email protected]