Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X MIA SMAN 1 Gowa (Studi pada Materi Pokok Struktur Atom)

Annisa Faujiah Miftahul Jannah(1*), Alimin Alimin(2), Muhammad Jasri Djangi(3),

(1) Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar
(2) Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar
(3) Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v21i1.14833

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experimental) yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 1 Gowa. Desain penelitian yang digunakan adalah “posttest-only control group design”. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 1 Gowa yang terdiri dari tujuh kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu class random sampling sehingga sampel penelitian ini adalah kelas X MIA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 6 sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik masing-masing 36 orang. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model discovery learning yaitu motivasi dan hasil belajar. Data motivasi dan hasil belajar yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Pengujian hipotesis untuk pengaruh model discovery learning terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik menggunakan uji-t. Hasil pengujian menunjukkan adanya pengaruh model discovery learning terhadap motivasi hasil belajar peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 1 Gowa (Studi pada Materi Pokok Struktur Atom). Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi dan hasil belajar peserta didik mengalami kenaikan namun tidak begitu signifikan yaitu 59,25% untuk kelas kontrol dan 60,78% untuk keas eksperimen, sedangkan hasil belajar peserta didik meningkat dari 8,33% untuk kelas kontrol dan 44,44% untuk kelas eksperimen.

Kata Kunci: Model Discovery Learning, Motivasi, Hasil Belajar

ABSTRACT

This study is a quasi-experimental research (quasi-experimental), which is aims to determine the effect of discovery learning model approach toward motivation and learning achievement of student’s class X MIA SMA Negeri 1 Gowa. The study design used is "posttest-only control group design". These study population were all the students of class X MIA SMA Negeri 1 Gowa which is consists of seven classes. The sampling technique used is class random sampling so that the sample are a class X MIA 5 as an experimental class and class X MIA 6 as control class with the number of students each 36 peoples. The independent variable in this study is discovery learning model and the dependent variable is motivation and learning achievement of student’s. Motivation and learning achievement’s data were analyzed using descriptive statistics and inferential statistics. Hypothesis test for effect of discovery learning model approach toward motivation of student’s using t-test. The result shown that there is an effect of discovery learning model approach toward motivation and learning achievement of student Class X MIA SMA Negeri 1 Gowa (Study on Stucture Atomic). The results of this research showed that motivation and learning achievement of students increased but not so significant. The average percentage of learning motivation is 59,25% for control calss increase become 60,78% for experiment class while learning achievement of students is 8,33% for control class and 44,44% fot experiment class.

Keywords: Discovery Learning Model, Motivation, Learning Achievement

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Aritonang, K.T. 2008. Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur. No.7

Darmadi, K. 2017. Pengembangan Model dan Metode

Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S.B. dan Aswan, Z. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Haryati, M. 2007. Model dan Teknik Penilaian pada Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press.

Hamdu, Ghullam dan Lisa Agustina. 2014. Pengauh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol.12. No.1

Hamalik,O. 2001. Proses belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Irmi. 2018. Penerapan Model Discovery Learning Melalui Game Gets Lucky pada Materi Hidrokarbon dan Minyak Bumi dalam Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar

Siswa Kelas XI MIPA 2 SMAN Unggul Aceh Timur. (JIPI) Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA. 2 (1).

Imaduddin, Roni. 2016. Media Pembelajaran Buku Interaktif Pengenalan Resistoruntuk Mata Pelajaran Teknik Listrik di SMK Muda Patria Kalasan. Skripsi: Universitas Negeri Yogyakarta

Komalasari, K. 2013. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Retika Aditama.

Kurinasih, I., dan Berlin, S. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena.

Muchtaridi. 2016. Kimia I SMA Kelas

X. Jakarta: Yudhistira Mariyaningsih, Nining dan Mustina

Hidayati. 2018. Teori dan Praktik Berbagai Model dan Metode Pembelajaran Menerapkan Inovasi Pembelajaran di Kelas-Kelas Inspiratif. Surakarta: CV Kakata Group.

Mutmainna dan Ferawati. 2015. Komparasi Hasil Belajar Fisika Melalui Metode Discovery Learning dan Assigment and Recitation. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol.3 No.1.

Mappeasse, Muh. Yusuf. 2009. Pengaruh Cara dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Programmable Logic Controller (PLC) Siswa Kelas III Jurusan Listrik SMK Negeri 5 Makassar. Jurnal Medtek. Vol 1 No. 2. Malang: Universitas Negeri Malang

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menangah.

Rasyidin, dkk. 2009. Penilaian Hasil belajar. Bandung: CV Wacana Prima.

Retno, dkk. 2008. Penggunaan Metode Pembelajaran Kooperatif tai (Team Assisted Individualization) dilengkapi Modul dan Penilaian Portofolio Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Penentuan dH Reaksi Siswa SMA Kelas XI Semester 1. Jurnal Varia Pendidikan Vol 20 No.1.

Sardiman, A. M. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Sudjana, N. 1989. Penialian Hasil Proses Belajar Megajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Syarifuddin K. 2018. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Syah. 2004. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suardin. 2016. Penerapan Metode Discovery Learning pada Materi Sistem Pencernaan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Labuan. Jurnal Kratif Tadulako Online. 4 (3).

Sudarmo, Unggul. 2013. Kimia untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta : Erlangga

Widiadnyana dkk. 2014. Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep IPA dan Sikap Ilmiah Siswa SMP. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha vol 4 No. 1.

Widiyowati, Iis Intan. 2014. Hubungan Pemahaman Konsep Struktur Atom Dan Sistem Periodik Unsur Dengan Hasil Belajar Kimia Pada Pokok Bahasan Ikatan Kimia. Pancaran Vol 3 No 4.


Article Metrics

Abstract view : 1264 times | PDF view : 350 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2722-8649

Diterbitkan oleh Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember.

Alamat Redaksi :Jurusan Kimia, Fakultas MIPA UNM, JL. Dg. Tata Parangtambung, Makassar 90224 Indonesia, Telp. 0411-840295; Fax: 0411840295;E-mail : chemica@unm.ac.id