Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Siswa Kelas XI-IPA SMAN 1 Sinjai Tengah (Materi Pokok Laju Reaksi)

Irsyam Irsyam(1*),

(1) UPT SMAN 7 Sinjai
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v21i1.14832

Abstract


ABSTRAK

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri atas dua siklus dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa klas XI-MIPA SMAN 7 Kabupaten Sinjai sejumlah tiga puluh tiga orang. Data tentang aktivitas siswa dan aktivitas guru dikumpulkan dengan lembar lembar instrumen observasi, dan data mengenai respon siswa tentang pembelajaran berbasis masalah menggunakan angket. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan teknik analais data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran kimia melalui model pembelajaran berbasis masalah, dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, hingga mencapai atau melampaui KKM, (2) pembelajaran kimia melalui pendekatan pemecahan masalah dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah, dapat meningkatkan kualitas proses belajar kimia siswa yang ditunjukkan oleh aktivitas siswa mencapai kriteria ideal, (4) respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dialaminya mencapai rata-rata 92,42% .

Kata Kunci: pemecahan masalah, pembelajaran berbasis masalah

ABSTRACT
The study is a classroom action research which consists of two cycles with descriptive qualitative approach. The subjects of the study were 33 students of grade XI of Science at SMAN 1 of Central Sinjai in Sinjai District. Data on students and tearchers’activities were collected by using observation sheet instrument and data on students’ responses conserning problem-based learning were collected by employing questionnaire. Those data were analyzed by employing qualitative data analyisis teacnique.The results of the study reveal that (1) learning Chemistry through problem-based learning model can improve problem solving competence and achieve or pass sthe KKM, (2) learning Chemistry through problem solving approach by applying problem-based learning model can improve students’ quality in learning Chemistry shown by students’ activities which achieved the ideal criteria, (4) students’ responses on learning activities achieved 92,42% in average.

Keywords: problem based, problen-based learning

Full Text:

PDF PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Amri,S, 2010, Konstruksi Pengambangan Pembelajaran, Pengaruhnya terhadap Mekanisme Praktik Kurikulum. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Anonim, 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 41 Tahun 2007, tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Aqib, Z, Sujak. 2010. Panduan dan Aplikasi Pendidikan Karakter, Surabaya; Yrama Widya.

Arifin.Z, 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto. 2008. Penelitian Tindakan

Kelas, Jakarta: Bumi Aksara.

Aritonang, K,T. 2008. Minat dan Motivasi Dalam meningkatkan Hasil Belajar siswa. Jurnal Pendidkan Penabur (Online), Nomor 10/Tahun ke-7/Juni 2008 (http:/isjd.pdii.lipi.id/kurnal/710081121.pdf, diakses 6 November 2012.

Asrori, 2007. Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: Wacana Prima.

Budi, U. 2007. Kimia untuk SMA/MA Kelas XI. Surakarta: Pusat Pembukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Benny. A, 2009, Model dan Desain Sistem Pembelajaran, Jakarta: Dian Rakyat.

Budiningsih, C.A. 2005. Belajar Dan Pembelajaran. Cet. Ke-1. Jakarta: Rineka Cipta.

Darmawan, 2010, Penggunaan Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis” Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol 11 No.2 , Universitas Pendidikan Indonesia 2011.

Dahar, R.W. 1991. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Djaali, 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Eveline. S. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Graha Indonesia.

Ginting, A. 2008. Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Humaniora

Goldberg, D. 2008. Teori dan Soal-soal Kimia untuk Pemula, Jakarta: Erlangga.

Hamalik, 2002. Pendidkan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi, Bandung: Bumi Aksara.

Kunandar, 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kulsum, 2011. Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Paikem. Surabaya: Gema Pratama Pustaka.


Article Metrics

Abstract view : 356 times | PDF view : 46 times PDF view : 40 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2722-8649

Diterbitkan oleh Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember.

Alamat Redaksi :Jurusan Kimia, Fakultas MIPA UNM, JL. Dg. Tata Parangtambung, Makassar 90224 Indonesia, Telp. 0411-840295; Fax: 0411840295;E-mail : [email protected]