Pengaruh Peta Konsep Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Liliriaja Pada Materi Pokok Hidrokarbon

I Wayan Putra Ariwirawan(1*), Muh. Yunus(2), Halimah Husain(3),

(1) Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar
(2) Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar
(3) Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v20i2.13639

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan jenis penelitian quasy experiment yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh peta konsep melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Liliriaja pada materi pokok hidrokarbon. Desain penelitian yang digunakan adalah “pretest- posttest contol group design”. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Liliriaja yang terdiri dari 13 kelas yang terdistribusi atas 1 kelas khusus dan kelas X1-X9. Sedangkan sampel penelititan dipilih secara acak yaitu kelas X9 sebagai kelas eksperimen dan kelas X1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa masing-masing 30 orang. Kelas eksperimen dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan media peta konsep, sedangkan kelas kontrol dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan media power point. Variabel bebas pada penelitian ini adalah media pembelajaran peta konsep melalui model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan variabel terikatnya yaitu hasil belajar. Pengambilan data hasil belajar dilakukan dengan pemberian pretest dan posttest. Data hasil belajar yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen pada pretest dan posttest berturut-turut yaitu 16,56 dan 76,73 dengan rata-rata N-Gain 0,725 dan kelas kontrol yaitu 25,27 dan 73,03 dengan rata-rata N-Gain 0,613. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung = 3,002 dan pada taraf signifikan α = 0,05 dengan dk = 58 diperoleh ttabel = 2,0017. Oleh karena thitung > ttabel, maka H1 diterima dan H0 ditolak. Hal tersebut menunjukkan bahwa ada pengaruh media peta konsep melalui model pembelajaran koperatif tipe think pair share terhadap hasil belajar siswa.

Kata kunci: Peta Konsep, TPS, Hasil Belajar, N-Gain


ABSTRACT

This study is an experiment research with quasi-experimental type aimed to know the positif influence of concept mapping through cooperative learning model type (TPS) towards learning outcome student class X SMA Negeri 1 Liliriaja in Hydrocarbons topic. The study design was “pretest-posttest control group design”. The population in this study were all class X SMA Negeri 1 Liliriaja which consists of 13 classes which distributed on one special class and class X1- X9. While the sample where chosen by random, the class has been chosen was X9 as experimental class and X1 as control class, with number of student in each class are 30 people. The experimental class was taught with cooperative learning model type TPS with concept mapping media, while the control class taught with cooperative learning model type TPS with power point media. The independent variable in this study is concept mapping media through cooperative learning model type TPS, and the dependent variable is the result of learning. Data retrieval of learning outcome achieved by giving a pretest and posttest. Learning outcome were analyzed using descriptive statistics and inferential statistics. The analysis showed the average value of student learning outcomes experiment class in the pretest and posttest are 16,56 and 76,73, respectively, with an average N-Gain 0,725 and control class, 25,27dan 73,03 with an average of 0,613 N- Gain. The results of hypothesis testing using t-test values obtained at tcount = 3,002 and α = 0.05 significance level with df= 58 obtained ttable= 2,0017. Therefore, tcount > ttable, then H1 is accepted and H0 is rejected. It shows that there are influence concept mapping through cooperative learning model type think pair share to student outcome learning.

Keywords: Concept mapping, TPS, Learning Outcome, N-Gain

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Aqib, Zainal. 2014. Model-Model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: CV. Yrama Widya.

Kardiasih, Ayu, I Wyn Suwatra, dan Ni Kt Suarni. 2014. Implementasi Stategi TPS dalam Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Peta Konsep Sebagai Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V. Jurnal PGSD. Vol. 1. No. 1. Singaraja: Universitas Pendidikakan Ganesha.

Slavin, Robert E. 2009. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.

Sugiono. 2012. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Yogihati, C.I.. 2010. Peningkatan Kualitas pembelajaran Fisika Umum Melalui Pembelajaran Bermakna dengan Menggunakan Peta Konsep. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. Vol. 6. No. 1. Malang: Universitas Negeri Malang.


Article Metrics

Abstract view : 235 times | PDF view : 34 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2722-8649

Diterbitkan oleh Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember.

Alamat Redaksi :Jurusan Kimia, Fakultas MIPA UNM, JL. Dg. Tata Parangtambung, Makassar 90224 Indonesia, Telp. 0411-840295; Fax: 0411840295;E-mail : chemica@unm.ac.id