Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) pada Pembuatan Pupuk Organik

Pancawati Nirwana(1*), Muhammad Jasri Djangi(2), Sumiati Side(3),

(1) Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar
(2) Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar
(3) Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v20i2.13637

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) pada pembuatan pupuk organik yang valid, efektif, dan praktis untuk digunakan pada proses pembelajaran matakuliah Kimia Lingkungan. Pengembangan LKM ini menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri atas lima fase yaitu investigasi awal, perancangan, realisasi/ konstruksi, tes, evaluasi, dan revisi, serta implementasi. Ujicoba terbatas terhadap LKM dilakukan pada mahasiswa angkatan 2013 sebanyak 15 orang. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini terdiri atas instrumen validasi LKM, lembar pengamatan aktivitas mahasiswa, lembar penilaian laporan dan angket respon mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) LKM dinyatakan valid berdasarkan penilaian dua orang validator dengan nilai rata-rata validitas sebesar 3,10; (2) LKM dinyatakan efektif berdasarkan persentase aktivitas mahasiswa sebesar 81,11% dan nilai rata- rata laporan sebesar 79,49 dengan kategori efektif; (3) LKM dinyatakan praktis berdasarkan hasil angket respon mahasiswa dengan persentase rata- rata respon positif sebesar 81,00% pada kategori praktis.

Kata kunci: Penelitian Pengembangan, Model Plomp, LKM, Pupuk Organik


ABSTRACT
The research was a research and development that aimed to develop students worksheet on making organic fertilizer which valid, effective, and practice and could be used in that learning chemical environment. This research used development of Plomp model consisted of five phase namely prelimenary investigation, design, realization/construction, test, evaluation and revision, and implementation. The limited of the student’s worksheet was conducted to 15 student’s academic year 2013. The instrument of the research are validation sheet of student’s worksheet, observation sheet of student’s activities, the assessment sheet report, and namely the questionnaire. The research result was indicated that: (1) Student worksheet were valid based on the assessment of two validators with the average of the validity score 3,10; (2) Students worksheet were effective based on the students activities presentation of 81,11% and the average of report score was effective of 79,49; (3) Student worksheet were practice based on the result of the questionnaire of 81,00%.

Keywords: Research and Development, Plomp, Students Worksheet, Organic Fertilizer

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Aeniah, S. N. 2014. Pengembangan Lembar kegiatan Siswa Kimia Berbasis Keterampilan Proses pada Materi Hidrolisis Garam. Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Dalora, P. 2010. Analisis Pelaksanaan Praktikum Biologi di SMA Negeri Se-Kota Jambi. Jambi: UNJ.

Devi, dkk. 2009. Pengembangan Perangkat Pembelajaran untuk Guru SMP. Bandung: PPPPTK IPA

Fitrah, A. 2016. Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Pembuatan Biogas Berbasis Lingkungan pada Mata Kuliah Kimia Lingkungan. Skripsi. Makassar: UNM.

Haksani. 2013. Pengembangan Perangkat Assessment Berbasis Keterampilan Generik Sains pada Mata Kuliah Praktikum Kimia Dasar Lanjut. Jurnal Chemica Vol. 14 Nomor 1. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Nurdin. 2007. Model Pembelajaran Matematika yang Menumbuhkan Kemampuan Metakognitif untuk Menguasai Bahan Ajar. Disertasi. Surabaya: UNESA.

Nurhana, Z. 2012. Penggunaan Bahan Ajar Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Skripsi. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Rahmi. dkk. 2014. Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis Problem Based Learning pada Perkuliahan Persamaan Diferensial Biasa. Jurnal Sains dan Matematika. Vol. 5 No. 1. ISSN: 2087-0922. Padang: STKIP PGRI SUMBAR.

Rustaman, Nuryani Y. 2002. Perencanaan dan Penilaian Praktikum di Perguruan Tinggi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Sugiarto, B. 2012. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Pada Pembelajaran Kimia Sma Kelas XI Pokok Bahasan Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Laju Reaksi Melalui Pendekatan Scaffolding. Jurnal Unesa of Chemical Education. Volume 1. Nomor 1. Surabaya: UNS.

Sulastry, Tati. 2015. Bahan Ajar Kimia Lingkungan. Makassar: Alauddin University Press.


Article Metrics

Abstract view : 507 times | PDF view : 213 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2722-8649

Diterbitkan oleh Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember.

Alamat Redaksi :Jurusan Kimia, Fakultas MIPA UNM, JL. Dg. Tata Parangtambung, Makassar 90224 Indonesia, Telp. 0411-840295; Fax: 0411840295;E-mail : chemica@unm.ac.id