Pengaruh Pemberian Kuis diakhir Pertemuan pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X MAN LAPPARIAJA (Studi pada Materi Pokok Ikatan Kimia)

Nursafitri Nursafitri(1*), Alimin Alimin(2), Suriati Eka Putri(3),

(1) Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar
(2) Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar
(3) Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v20i1.13622

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian kuis pada akhir pertemuan pada model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together terhadap hasil belajar siswa kelas X MAN Lappariaja. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran Numbered Heads Together dengan memberikan kuis di akhir pertemuan dan tanpa pemberian kuis pada akhir pertemuan pada model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together serta variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa pada materi pokok ikatan kimia. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MAN Lappariaja yang terdiri dari 10 kelas dengan jumlah siswa 390 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu random sampling. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X7 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 30 orang dan kelas X9 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 30 orang. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes hasil belajar pada materi pokok ikatan kimia berupa post-test yang dianalisis menggunakan uji-t. Hasil analisis statistika inferensial diperoleh thitung (2.73) > ttabel (1.67) pada š›¼ ā• 0,05. Disimpulkan bahwa pemberian kuis di akhir pertemuan pada pembelajaran model kooperatif tipe Numbered Heads Together berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas X MAN Lappariaja pada materi pokok ikatan kimia.

Kata kunci: Kuis, Numbered Heads Together, Hasil Belajar Siswa, Ikatan Kimia


ABSTRACT

The research was a quasi-experimental that aimed to know the effect of Quiz Presentation at the last session of Numbered Heads Together of Learning cooperative toward Studentsā€™ Achievement of Class X MAN Lappariaja. The independent variable in this research were Numbered Heads Together learning with Quiz Presentation at the last session and without quiz of Numbered Heads Together of Learning cooperative, the dependent variable was studentā€™s achievement on Chemical Bonding subject matter. The population was class X MAN Lappariaja consisted class 10 with number of 390 students. The sample of this research consisted of two classes, namely class X7 as an experiment class with 30 students and class X9 as a control class with 30 students. The data of the research were gathered by testing the studentsā€™ achievement on chemical bonding subject matter for post-test which were analysed by using t-test. Results of inferential statistical analysis were tcalculate (2.73) higher than ttable (1.67) on Ī± ā•0.05. Conclude that presenting quiz at the end of the meeting on cooperative Learning Numbered Heads Together gives effected to toward studentā€™s achievement of class X MAN Lappariaja on Chemical Bonding subject matter.

Keywords: Quiz, Numbered Heads Together, Student achievement, Chemical bonding

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arifin, Zainal. (2013). Evaluasi Pembelajaran, Prinsip Teknik Prosedur. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Hamalik, Oemar. (2007). Dasar- dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Hasriadi. 2013. Pengaruh Pemberian Kuis Pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Makassar pada Materi Pokok Kelarutan dan Hasil Kelarutan. Skripsi. Makassar: Jurusan Kimia

FMIPA UNM

Subana, dkk. 2000. Statistika Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran

Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: PT. Bumi Aksara.


Article Metrics

Abstract view : 230 times | PDF view : 54 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2722-8649

Diterbitkan oleh Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember.

Alamat Redaksi :Jurusan Kimia, Fakultas MIPA UNM, JL. Dg. Tata Parangtambung, Makassar 90224 Indonesia, Telp. 0411-840295; Fax: 0411840295;E-mail : [email protected]Ā Ā