Pengaruh Metode Resitasi dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Makassar (Studi pada Materi Pokok Termokimia)

Arnida Yusnalaeni(1*), Ratnawati Maming(2), Army Auliah(3),

(1) Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar
(2) Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar
(3) Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v20i1.13617

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh metode resitasi terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Makassar dalam model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (Studi pada materi pokok termokimia). Desain penelitian yang digunakan adalah “Pretest-Posttest Control Group Design”. Populasi adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMAN 1 Makassar yang terdiri dari enam kelas. Penentuan kelas kontrol dan kelas eksperimen dilakukan dengan teknik class random sampling dengan asumsi bahwa kelas bersifat homogen dan terpilih kelas XI MIA 2 kelas eksperimen dan XI MIA 5 sebagai kelas kontrol. Penelitian terdiri dari dua variabel, yaitu pembelajaran kimia dengan metode resitasi dalam model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization dan tanpa metode resitasi dalam model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization sebagai variabel bebas dan hasil belajar sebagai variabel terikat. Pengambilan data dilakukan dengan pemberian pretest dan posttest. Tes yang digunakan adalah tes objektif sebanyak 20 nomor yang telah divalidasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Nilai ketuntasan untuk mata pelajaran kimia di SMA Negeri 1 Makassar adalah 77. Hasil analisis menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen 77,17 dan kelas kontrol 76,15 dengan standar deviasi berturut-turut adalah 10,11 dan 8,84 dan ketuntasan sebesar 58,97% dan 48,72%. Hasil pengujian hipotesis menggunakan ANACOVA melalui program SPSS for Windows 20, diperoleh nilai signifikan 0.000. Nilai signifikan 0.000 < α= 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa metode resitasi dalam model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas SMAN 1 Makassar pada materi pokok termokimia.

Kata kunci: Metode resitasi, hasil belajar


ABSTRACT

This study is a quasy experimental that aimed to investigate the effect of recitation method on student achievement MIA class XI student of SMAN 1 Makassar in cooperative learning model Team Assisted Individualization (Studies in the subject matter thermochemical). The study design used is "pretest-posttest control group design". The population is all students of class XI SMAN 1 Makassar MIA consist of six classes. Determination of control class and experimental class conducted by random sampling technique class with the assumption that the class is homogeneous and was elected class XI MIA 2 as experimental class and XI MIA 5 as the control class. The study consisted of two variables, namely learning recitation chemical methods in cooperative learning model Team Assisted Individualization and without a recitation method in a cooperative learning model Team Assisted Individualization as independent variables and the student achievement as the dependent variable. Data were collected by administering a pretest and posttest. The test used is an objective test as many as 20 numbers that have been validated. Data were analyzed using descriptive statistics and inferential statistics. The value of completeness for chemical subjects in SMAN 1 Makassar is 77. The analysis showed the average value of the experimental class is 77,17 and control class 76,15 with a standard deviation of respectively 10,11 and 8,84 and completeness by 58,97% and 48,72%. The results of hypothesis test using ANACOVA through SPSS for Windows 20, obtained significant value 0.000. Significant value 0.000 <α = 0.05 then H0 is rejected and H1 accepted. This shows that the recitation method in a cooperative learning model Team Assisted Individualization effect on student achievement SMAN 1 Makassar class in the subject matter thermochemical.

Keywords: recitation method, student achievement

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Edy, Purwanto. 2009. Penerapan Metode Resitasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Batu. Skripsi. Malang : Jurusan Pendidikan Agama Islam fakultas Tarbiyah

UIN Maulana Ibrahim.

Hasim, F.M. 2012. Pengaruh Metode Resitasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Maroangin Kecamatan Maiwa Kabupaten Enrekang (Studi Pada Materi Pokok Termokimia). Skripsi. Makassar : Jurusan Kimia FMIPA UNM .

Roestiyah. 1985. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Bina

Aksara.

Slavin E, Robert. 2008. Cooperatif Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.


Article Metrics

Abstract view : 276 times | PDF view : 31 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2722-8649

Diterbitkan oleh Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember.

Alamat Redaksi :Jurusan Kimia, Fakultas MIPA UNM, JL. Dg. Tata Parangtambung, Makassar 90224 Indonesia, Telp. 0411-840295; Fax: 0411840295;E-mail : chemica@unm.ac.id