Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X MIA SMA Negeri 8 Bulukumba (Studi Pada Materi Pokok Reaksi Oksidasi-Reduksi)

Pebri Ramdani(1*), Sumiati Side(2), Ramdani Ramdani(3),

(1) Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar
(2) Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar
(3) Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v20i1.13615

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 8 Bulukumba studi pada materi pokok reaksi oksidasi-reduksi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian menggunakan “pretest posttest design”. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 8 Bulukumba yang terdiri dari lima kelas. Dari populasi diambil sampel secara acak sehingga terpilih kelas X MIA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 5 sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik masing- masing 34 orang. Kelas eksperimen dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI sedangkan kelas kontrol dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan model pembelajaran langsung, serta variabel terikatnya yaitu hasil belajar. Pengambilan data hasil belajar dilakukan dengan pemberian pretest dan posttest. Data hasil belajar yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen pada pretest dan posttest berturut-turut yaitu 28,56 dan 73,21 dengan rata-rata N-Gain 0,6250. Kelas kontrol yaitu 27,14 dan 67,5 dengan rata-rata N-Gain 0,5536. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung = 4,059 pada taraf signifikan α = 0,05 dan diperoleh ttabel = 1,668. Oleh karena thitung > ttabel menunjukkan bahwa H0 ditolak atau H1 diterima. Ada pengaruh signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X MIA SMA Negeri 8 Bulukumba pada materi pokok Reaksi Oksidasi- Reduksi.

Kata kunci: TAI, Pembelajaran Langsung, Hasil Belajar, N-Gain


ABSTRACT

This research aims to determine the effect of cooperative learning model type Team Assisted Individualization (TAI) toward Learning Outcomes of Students Class X MIA at SMA Negeri 8 Bulukumba studies on oxidation-reduction reaction. This research is a quasi- experimental research that using "Pretest-Posttest Design". The population in this research are all class X SMA Negeri 8 Bulukumba which consists of 5 classes. From the population is taken random sample which X MIA 4 as an experiment class and X MIA 5 as an control class with 34 students in each class. Experiment class learned using cooperative learning model type of TAI and the control class learned using direct instruction model. The independent variable in this research are cooperative learning model type TAI and direct instruction model. The dependent variable is the learning outcomes. Gathering data of learning outcomes is conducted by giving a pretest and posttest. Learning outcome data are analyzed using descriptive statistics and inferential statistics. The average students learning outcomes in the experiment class at pretest and posttest are 28.56 and 73.21, respectively and average N-Gain is 0.6250. The average students learning outcomes in the control class at pretest and posttest are 27,14 and 67.5, respectively and average N-Gain is 0.5536. The results of hypothesis testing using t-test obtained tcount = 4.059 at level α = 0.05 significance and obtained ttable = 1.668. Therefore, tcount > ttable that show H0 is rejected or H1 is accepted. There are significance effect of cooperative learning model type Team Assisted Individualization (TAI) toward Learning Outcomes of Students Class X MIA at SMA Negeri 8 Bulukumba on oxidation-reduction reaction.

Keywords: TAI, Direct Instruction, Learning Outcomes, N-Gain

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Mudlofir, A. 2012. Pendidik Profesional. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Permendikbud. 2013. Jurnal Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Slavin, Robert. 2008. Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Wardani, Chindy Ariyani, dkk. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Pada Siswa Kelas VII Tahun Ajaran 2014/2015 Di Smp Negeri 1 Banjar. Jurnal Edutech. Volume 2. Nomor 1. Diakses tanggal 21 Oktober 2015.


Article Metrics

Abstract view : 172 times | PDF view : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2722-8649

Diterbitkan oleh Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember.

Alamat Redaksi :Jurusan Kimia, Fakultas MIPA UNM, JL. Dg. Tata Parangtambung, Makassar 90224 Indonesia, Telp. 0411-840295; Fax: 0411840295;E-mail : chemica@unm.ac.id