Perbandingan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 14 Makassar yang diajar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dan STAD (Studi pada Materi Pokok Struktur Atom)

Azmi Arimi Rahmatullah(1*), Taty Sulastry(2), Sugiarti Sugiarti(3),

(1) Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar
(2) Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar
(3) Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v20i1.13612

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan aktivitas dan hasil belajar antara peserta didik yang diajar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe NHT dan peserta didik yang diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Desain penelitian adalah “Posttest-Only Design”. Variabel bebas pada penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif tipe NHT dan pembelajaran kooperatif tipe STAD dan variabel terikatnya yaitu aktivitas dan hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 14 Makassar yang terdiri dari 10 kelas dengan jumlah peserta didik 350 orang, sedangkan sampel penelitian adalah kelas X2 sebagai kelas NHT dan kelas X5 sebagai kelas STAD. Data hasil penelitian terhadap aktivitas dan hasil belajar masing-masing diperoleh melalui lembar observasi aktivitas dan tes hasil belajar. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan masing-masing data diperoleh nilai thitung=3.33>t(0,05;68)=1.99 untuk aktivitas belajar dan thitung=3.14>t(0,05;68)=1.99 untuk hasil belajar. Disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas X SMAN 14 Makassar yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih tinggi dibandingkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada meteri struktur atom.

Kata kunci: STAD (Student Team Achievement Devision), aktivitas belajar, hasil belajar.


ABSTRACT

This was a quasi experiment research which aimed to compare the activity and learning achievement between students who was taught by cooperative learning type NHT and who was taught by cooperative learning type STAD. Research design is “Posttest-Only Design”. Independent variable in this research were cooperative learning type NHT and cooperative learning type STAD while dependent variable were learning activity and learning achievement. Population in this research was all classes X of Senior High School 14 Makassar that consisted of 10 classes with the number of students was 350, whereas research sample were class X2 as NHT class and X5 as STAD class. Data of activity and learning achievement were gathered by observation sheet and post-test, respectively. Those datas were analyzed by using t-test. Based on result, tcalculated=3.33>t(0,05;68)=1.99 for learning activity and tcalculated=3.14>t(0,05;68)=1.99 for lerning achievement. It was conclude that students activity and learning achievement grade X of Senior High School 14th Makassar taught by cooperative learning model tpe NHT was highr than cooperative learning model type STAD on atomic structure subject matter.

Keywords: Numbered Head Together, Student Team Achievement Division, learning activity, learning achievement

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kualitatif dan Kualitatif dan R & D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Arifin, Zainal. (2013). Evaluasi Pembelajaran, Prinsip Teknik Prosedur. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Alma, Buchari. 2008. Guru Profesional Menguasai Metode dan Terampil Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, Wina. 2014. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proes Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Baskoro, Febri., Saputro, S., dan Hastuti, B. 2013. Upaya Peningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar Dengan Model Pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) Dilengkapi LKS Pada Materi Termokimia Siswa Kelas XI IPA-3 SMA Negeri 6 Surakarta. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK). Vol.2 (2).


Article Metrics

Abstract view : 160 times | PDF view : 30 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2722-8649

Diterbitkan oleh Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember.

Alamat Redaksi :Jurusan Kimia, Fakultas MIPA UNM, JL. Dg. Tata Parangtambung, Makassar 90224 Indonesia, Telp. 0411-840295; Fax: 0411840295;E-mail : chemica@unm.ac.id