Perbandingan Antara Metode Kerja Kelompok Dengan Metode Drill dalam Model Pembelajaran Guided Discovery Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MS SMA Negeri 3 Lau Maros (Studi Pada Materi Pokok Larutan Penyangga)

Miftahul Jannah(1*), Muhammad Danial(2), Suriati Eka Putri(3),

(1) Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar
(2) Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar
(3) Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v19i2.12776

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar antara siswa yang dibelajarkan dengan metode kerja kelompok dengan siswa yang dibelajarkan dengan metode drill dalam model pembelajaran guided discovery. Populasi penelitian berjumlah 6 kelas XI SMA Negeri 3 Lau Maros dengan jumlah total siswa sebanyak 198 orang. Penarikan sampel dilakukan dengan metode random sampling. Sampel penelitian terpilih yaitu kelas XI MS 2 (33 siswa) sebagai kelas eksperimen I yang diterapkan metode kerja kelompok dan kelas XI MS 3 (29) siswa sebagai kelas eksperimen II yang diterapkan metode drill. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest only control group design. Data hasil penelitian berupa hasil belajar dari hasil posttest kedua kelas dianalisis dengan uji t. Hasil analisis statistika inferensial diperoleh thitung>ttabel pada ═ 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang dibelajarkan dengan metode kerja kelompok dengan siswa yang dibelajarkan dengan metode drill dalam model pembelajaran guided discovery pada materi larutan penyangga

Kata kunci: guided discovery, drill, kerja kelompok

ABSTRACT
This research was a quasi-experimental that aimed to know the learning outcome comparison between students who studied with group-work method and student who studied with drill method in guided discovery learning model. The research population was 6 classes of grade XI SMA Negeri 3 Lau Maros with 198 students in total number. Samples was determined using random sampling technique. The samples was XI MS 2 (33 students) as experiment class I that applied group-work methods and XI MS 3 (29 Students) as experiment class II that applied drill method. Research design is posttest only control group design. Research data is the posttest result as learning outcome data of both sample that analyzed using t test. The inferential statistics analysis resulted tcount

References


DAFTAR PUSTAKA

Burke, Alison. 2011. Group Work: How to Use Groups Effectively. The Journal of Effective Teaching. 11: 87-95

Castronova, Joyce A. 2015. Discovery Learning for the 21st Century: What is it and how does it compare to traditional learning in effectiveness in the 21st Century. Online.www.myenglishpages.com/files/1282044031.pdf. diakses pada 6 Februari 2015.

Djamarah, S. & Zain, A. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Siadi, Kusoro, Sri Mursiti, dan Ida Nur Laelly. 2009. Komparasi Hasil Belajar Kimia Antara Siswa yang Diberi Metode Drill Dengan Resitasi. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 3: 360-365

Springer, Leonard, Mary E. Stanne, and Samuel S. Donovan. 1999. Effect of Small-Group Learning on Undergraduates in Science, Mathematics, Engineering, and Technology: A Meta-Analysis. Review of Educational Research, Spring. 69: 21-51

Subana. 2000. Statistik Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.


Article Metrics

Abstract view : 260 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2722-8649

Diterbitkan oleh Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember.

Alamat Redaksi :Jurusan Kimia, Fakultas MIPA UNM, JL. Dg. Tata Parangtambung, Makassar 90224 Indonesia, Telp. 0411-840295; Fax: 0411840295;E-mail : [email protected]